Kesehatan

Bahaya Nonton TV lebih dari 3.5 Jam

(lifestyle.okezone.com)-PENELITIAN baru menyebutkan kebiasaan menonton TV dapat meningkatkan risiko demensia. Terutama bagi  yang menghabiskan waktu selama lebih dari 3,5 jam sehari untuk menonton televisi.

 

Penelitian oleh University College London ini mengatakan bahwa sebagian besar orang yang mengalami penurunan fungai memori otak berada di usia 50an ke atas. Dengan kata lain, mereka akan lebih cepat mengalami kepikunan.

 

Fakta itu dari hasil penelitian yang menganalisis 3600an responden usia 50 tahunan selama 6 tahun. Mereka menjelaskan, menonton TV cenderung membuat kehilangan waktu untuk berbagai kegiatan yang sebetulnya dapat mengasah otak mereka. Misalnya membaca koran atau bermain teka-teki silang.

 

Ditemukan pula seseorang yang menonton TV dengan durasi di atas 3,5 jam tiap hari selama 6 tahun juga akan mengalami penurunan memori 10%. Responden yang menonton kurang dari durasi ini, hanya mengalami penurunan memori 5%.

 

Dari penelitian tersebut, para peneliti mengklaim bahwa menonton televisi dengan durasi yang terlalu lama ternyata berkaitan erat dengan penurunan fungsi memori.

 

“Selama beberapa dekade, para ahli telah menunjukkan ketertarikan mereka untuk meneliti hubungan antara kebiasan menonton televisi dengan kesehatan otak,” tutur Daisy Fancourt, selaku peneliti utama, sebagaimana dilansir Okezone dari New York Post, (1/3/2019).

 

“Dengan adanya fakta terbaru ini, menunjukkan bahwa orang dewasa di atas usia 50 harus mengimbangi kegiatan menonton televisi dengan kegiatan lain, seperti membaca koran, mendengarkan musik atau interaksi sosial,” tuturnya.

 

Pernyataan Daisy didukung oleh James Pickett, Kepala Riset di Alzheimer’s Society. Ia menegaskan penelitian ini tidak menunjukkan bahwa menonton TV akan langsung menyebabkan demensia atau kepikunan, namun hanya meningkatkan risikonya.

 

“Jika Anda ingin menurunkan risiko kepikunan maka durasi menonton TV lebih baik digunakan ber-OR, bersama orang2 yang dicintai, atau belajar hobi baru,” tukas Pickett. (hel; Dimas Andhika Fikri; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/03/01/481/2024539/waspada-ini-bahaya-nonton-tv-lebih-dari-3-5-jam-bagi-otak)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close