Kesehatan

Dampak Negatif Bila Salah memilih Jenis Diet

 (lifestyle.okezone.com)-SEKARANG banyak jenis diet bermunculan. Ada diet tertentu dikatakan dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Hal itu menarik perhatian orang dan membuat mereka ingin mengikutinya. Tapi, apakah jenis diet tersebut aman?

“Hasil penelitian, penurunan berat badan yang aman itu 2-4 kg per bulan. Untuk mendapatkannya butuh pengaturan pola makan tepat dan tidak instan. Apabila diet tertentu dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat, hati2 itu bukan lemak yang terbakar melainkan massa otot,” ungkap ahli diet, Pafitri S.K.M.RD saat ditemui Okezone di acara, (2/2/2019), di Jakarta.

Massa otot yang terbakar berdampak negatif. Pertama, membuat seseorang jadi lemas, mudah pusing, dan tidak bergairah. Kedua, gangguan di sistem metabolisme yang membuat sinyal tubuh terganggu.

“Bila sistem metabolisme rusak/terganggu, maka terjadi kesalahan dalam pembakaran kalori dari asupan yang dikonsumsi. Ibaratnya, minum air saja berat badan bisa naik. Selain itu, gangguan itu membuat seseorang terus lapar padahal sudah makan,” jelas Pafitri.

Jumlah massa otot dan kadar air tubuh harus dipertahankan. Begitu juga fungsi metabolisme tubuh. Dengan begitu, seseorang dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Jika ada gangguan, maka dapat menghambat produktivitas. Beruntung hal itu bisa diperbaiki sendiri tanpa bantuan ahli.

“Untuk memperbaiki gangguan metabolisme, pertama perbaiki pola makan. Mulai dari jenis makanan hingga waktu makan. Jangan terlambat makan atau melewatkannya. Kelihatannya tidak apa-apa, tapi dapat mendatangkan masalah baru yaitu enzim pencernaan terganggu,” papar Pafitri.

Dirinya menerangkan, enzim pencernaan bekerja optimal pada waktu makan seharusnya. Maka tubuh akan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi secara optimal sehingga dapat bermanfaat. Apabila waktu makan terlambat, maka nutrisi tidak terserap optimal.

“Pilih makan yang tepat, karbohidrat penting. Protein penting, fungsinya beda dengan karbohidrat, lemak juga penting pilih yang tidak jenuh. Jangan lupa sayur dan buah karena mengatur fungsi tubuh”.  (tam; Tiara Putri; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/02/02/481/2012977/2-dampak-negatif-bila-salah-melakukan-jenis-diet)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close