Aku cinta Indonesia

Dunia Maya Menggerus Nilai Nasionalisme

(beritasatu.com)-BENGKULU; Kondisi zaman berubah tidak bisa dihindari. Arus globalisasi dan pesatnya teknologi telah menggerus nasionalisme dan kebangsaan. Hubungan yang sebelumnya dekat, jadi terasa jauh karena generasi sekarang cenderung selalu menunduk untuk tenggelam dalam dunia maya.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius saat memberi kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa dan mahasiswi IAIN Curup, Rejang Lebong, Bengkulu, (8/3/2019).

“Perhatikan lingkungan kalian, saat makan siang, yang dekat jadi jauh, yang jauh jadi dekat. Semua pegang HP, interaksi langsung dengan orang dekat jadi langka. Anak muda jadi individualis, kalau tidak ada hubungan dengan mereka, mereka tidak mau tahu, sehingga nilai kebangsaan, nasionalisme , dan persaudaraan secara tak langsung tergerus,” ungkapnya tertulis.

Tak hanya itu, mantan Sekretaris Utama (Sestama) Lemhanas ini juga menekankan pentingnya filterisasi dalam berinternet, mengingat internet saat ini tidak hanya berisi hal-hal baik, tetapi juga hal buruk.

“Coba Kita lihat internet, konten di dalamnya tidak hanya bermanfaat, tapi juga bisa berdampak buruk. Konten hoax, kekerasan, pornografi bahkan penyebaran paham2 radikal ada di internet. Tidak sedikit orang2 dicuci otaknya hanya melalui internet, kemampuan kita memfilter yang menentukan,” katanya mantan Kabareskrim Polri ini.

Dia jelaskan, zaman sekarang, anak muda tidak lagi menjadikan sekolah pendidikan agama sebagai acuan menuntut ilmu agama, tapi malah menjadikan internet sebagai sumber pembelajaran.

“Zaman sekarang orang belajar ilmu agama tidak lagi di IAIN, padahal banyak ustaz di sini. Sekarang orang belajar agama dari “ustaz google”, sehingga banyak yang terjebak pada ajaran salah dan menyesatkan,” ungkap Suhardi Alius, yang juga mantan Kapolda Jawa Barat ini.

(Bernadus Wijayaka;  Bahan dari : Suara Pembaruan dan https://www.beritasatu.com/nasional/541999/dunia-maya-menggerus-nilai-nasionalisme)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close