Wisata dan Kuliner

Enam makanan Khas Maluku yang Bikin Ketagihan(1/2)

(m.merdeka.com/gaya)-JAKARTA; Hal paling menarik dari traveling adalah mencicipi makanan lokalnya. Indonesia negara sejuta keindahan, suku dan budaya. Semua wilayah punya ciri khas masing2 yang membedakan daerah satu dengan daerah lain.

Makanan khas salah satu daya tarik yang menggoda untuk dicicipi jika kita berkunjung ke suatu daerah. Kurang lengkap rasanya kalau sudah tiba di suatu tempat tapi enggak mencoba makanan khasnya.

Salah satu daerah yang punya makanaan khas lezat adalah Maluku. Maluku menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya ini salah satu daerah yang terkenal dengan pulau2 indah dan makanan khasnya yang berbahan dasar ikan.

Pada zaman dulu, penduduk Eropa menyebut Maluku sebagai Kepulauan Rempah2 karena provinsi Maluku penghasil rempah2 terbaik, seperti cengkeh dan pala. Maluku juga terkenal hasil lautnya yang melimpah. Berikut Makanan Khas yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber (8/3/19).

Papeda

Makanan khas ini tersohor asal Maluku dan Papua. Bahan dasarnya tepung sagu, yang dimasak seperti bubur. Teksturnya kental-lengket, dengan warna putih serta rasa tawar. Sekilas mirip lem kertas. Makanan khas ini biasanya disantap bersama ikan tongkol, ditambah bumbu kunyit. Kandungan serat di papeda sangat tinggi, tapi rendah kalori.

Cara memakannya unik, dengan menyeruputnya dari piring. Bisa juga menggulungnya dengan sumpit. Bagi yang tidak terbiasa merasa kesulitan. Itu keunikan, yang mungkin kita belum pernah merasakannya.

Ikan Asar

Makanan khas Maluku ikan asap atau ikan asar diolah sederhana, dengan diasap. Biasanya adalah ikan cakalang dan ikan tuna. Karena dagingnya lebih tahan ketika proses dan sesudah pengasapan.

Makanan khas Maluku ini cocok untuk buah tangan. Karena ikan asar memiliki daya tahan hingga tujuh hari. Kudapan ini makin serasi rasanya, disantap bersama nasi, dan sambal colo2 (sambal khas Maluku).

Gohu Ikan

Kalau di Jepang ada sashimi, di Ternate (Maluku Utara) ada Gohu Ikan, makanan khas Maluku berbahan dasar daging ikan mentah. Ikan cakalang dan ikan tuna pilihan favoritnya. Cara pembuatannya mudah, memotong daging ikan seperti dadu. Mencuci, dan melumurinya dengan perasan lemon, dan garam.

Sesudah proses itu bisa menambahkan daun kemangi. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat. Biar menambah selera, ditambahkan bumbu tumisan cabe rawit, dan bawang merah yang dirajang. Bumbu itu dituangkan di atas ikan, dan siap dinikmati. (Bahan dari : Liputan6.com dan https://m.merdeka.com/gaya/6-makanan-khas-maluku-yang-wajib-kamu-coba-asli-bikin-ketagihan.html)-FatchurR * Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close