RSS Feed     Twitter     Facebook

Gejala Awal Gagal Ginjal(2/4)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Gejala Awal Gagal Ginjal(2/4)

 (hellosehat.com)- Penyebab gagal ginjal Kronis      

Kerusakan ginjal dan penurunan fungsi ebih dari 3 bulan disebut penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal ini berbahaya, karena Anda mungkin tak memiliki gejala gagal ginjal apapun sampai akhirnya parah.

Seringnya, saat diobati, kerusakan ginjal sudah terlanjur terjadi. Diabetes (tipe 1 dan 2) dan tekanan darah tinggi itu penyebab umum dari penyakit ginjal kronis. Penyebab gagal ginjal kronis lainnya adalah:

  • Kondisi sistem kekebalan tubuh seperti lupus dan penyakit virus kronis : HIV/AIDS, hepatitis B, dan C
  • Infeksi saluran kemih di dalam ginjal, yang disebut pielonefritis, menyebabkan luka saat pemulihan infeksi. Beberapa episode dapat menjadi penyebab gagal ginjal kronis
  • Peradangan filter kecil (glomeruli) dalam ginjal ini bisa terjadi setelah infeksi strep dan kondisi lain yang penyebabnya tak diketahui.
  • Penyakit ginjal polikistik, yaitu kista berisi cairan terbentuk di ginjal dari waktu ke waktu. Ini bentuk  umum dari turunan penyakit ginjal.
  • Cacat bawaan,sejak saat lahir, akibat obstruksi saluran kemih atau malformasi yang mempengaruhi ginjal; salah satu yang umum melibatkan mekanisme seperti katup antara kandung kemih dan uretra. Cacat ini, kadang2 ditemukan saat bayi di kandungan, sering dapat diperbaiki melalui pembedahan oleh ahli urologi.
  • Obat dan racun, termasuk paparan jangka panjang untuk obat2 dan bahan kimia, seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid), ibuprofen; naproxen, dan penggunaan intravena obat “jalanan.”

Tahap akhir penyakit ginjal ketika 90% dari fungsi ginjal hilang. Orang dengan gejala dari penyebab gagal ginjal mungkin mengalami mual, muntah, lemas, kelelahan, kebingungan, sulit berkonsentrasi, dan kehilangan nafsu makan. Hal ini dapat didiagnosis dengan tes darah dan urin.

Gejala awal yang harus diwaspadai

Pada umumnya, gejala dari penyebab gagal ginjal sulit terdeteksi. Pasalnya penyakit ini dimulai dari gejala gagal ginjal ringan dan samar2. Namun, perlahan tapi pasti penyakit ini makin parah.

Biasanya, kebanyakan pasien penderita gagal ginjal hidup dengan penyakit ginjal beberapa waktu, sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal yang harus Anda waspadai.

Kelelahan

Penurunan fungsi ginjal yang parah menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di darah. Hal ini bisa menyebabkan orang lelah, lemah dan bisa membuat sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal jadi pertanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit gagal ginjal stadium lanjut. Munculnya gejala kulit kering dan gatal menandakan bila ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah Anda.

Kencing Berdarah

Ginjal sehat biasanya menjaga sel darah tubuh saat menyaring limbah dari darah menghasilkan urin. Bila filter ginjal rusak, sel darah ini “bocor” ke dalam urin. Selain menandakan penyakit gagal ginjal, darah dalam urin juga bisa jadi indikasi penyakit lain seperti batu ginjal ataupun infeksi.

Kencing berbusa

Gelembung berlebihan di urin (terutama yang mengharuskan Anda beberapa kali menyiramnya) menunjukkan protein di urin. Busa ini mungkin seperti busa yang Anda lihat saat mengocok telur, karena protein biasa dalam urine, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan pada telur.

Pembengkakan

Penurunan fungsi ginjal menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan pada bagian2 tubuh. Itu sebabnya ciri atau gejala gagal ginjal yang bisa kita lihat itu pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan yang berlebih di dalam tubuh.

Nyeri Pinggang

Umumnya banyak pasien mengeluh nyeri di bagian pinggang kanan atau kirinya. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, maka patut dicurigai ada gejala gagal ginjal. (Novita Joseph; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/gejala-awal-gagal-ginjal/)-FatchurR * Bersambung………….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code