RSS Feed     Twitter     Facebook

Gejala Awal Gagal Ginjal(4/4)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Gejala Awal Gagal Ginjal(4/4)

 (hellosehat.com)-Mencegah Penyakit Ginjal  

Umumnya, penyakit gagal ginjal membuat Anda merasa lemas, letih, dan sering mual-muntah. Selain itu, penyakit ginjal dapat menyebabkan munculnya penyakit lain

Misalnya hipertensi, anemia, gangguan pada tulang, dan gangguan keseimbangan elektrolit pada tubuh Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda menjalani pola makan dan pila hidup sehat untuk mencegah kerusakan pada ginjal. Berikut panduannya:

Panduan makan

  • Konsumsilah makanan sehat. Perbanyak mengonsumsi buah2an dan sayuran. Hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan purin, seperti jeroan. Makanan tinggi purin dapat meningkatkan kadar Asam Urat yang akhirnya mengganggu fungsi ginjal.
  • Anda dapat menerapkan diet DASH yang bertujuan mencegah atau menurunkan tekanan darah bila Anda mengalami hipertensi. Diet DASH menekankan pengurangan konsumsi lemak jenuh dan kolesterol, untuk digantikan sumber protein, serat, serat vitamin dan mineral yang lebih banyak.
  • Bila Anda ingin mengonsumsi susu, keju atau produk sejenisnya, pilihlah yang rendah lemak.
  • Batasi asupan garam tak lebih dari 1 sendok teh ; gula maksimal 4 sendok makan dan lemak maksimal 5 sendok

Panduan perubahan Gaya Hidup Sehat

Penyakit ginjal bisa terjadi pada orang yangpunya ginjal sehat atau seseorang yang memiliki masalah ginjal sebelumnya. Anak2 juga dapat terkena penyakit ginjal. Meski pada anak2, penyakit ginjal lebih disebabkan oleh kelainan ginjal bawaan atau kerusakan saluran kemih saat lahir.

Maka selain mulai menyusun menu makanan harian yang lebih sehat dan bergizi, perubahan gaya hidup sederhana berikut ini juga dapat membantu Anda dan sekeluarga mencegah penyakit ginjal.

  • Hindarilah faktor2 pencetuskan munculnya penyakit yang dapat membuat Anda mudah terkena penyakit ginjal, seperti Diabetes dan Hipertensi.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cairan yang cukup. Konsumsilah setidaknya 2 liter air per hari. Ingat, cairan tidak hanya bisa Anda dapatkan dari minuman saja, namun juga makanan seperti sup dan sayur serta buah2an segar yang mengandung banyak air.
  • Bila Anda termasuk aktif ber-OR, cukupi kebutuhan cairan dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Lakukan OR teratur. Olahraga menjaga berat badan stabil dan menurunkan tekanan darah anda.
  • Hati2 mengonsumsi obat2an dan suplemen. Ada suplemen mengandung asam amino tinggi yang  mengganggu kerja ginjal. Bila ingin mengonsumsi suplemen, konsumsilah sesuai aturan pakai yang tertera di kemasan. Pastikan obat2an yang Anda minum aman. Terutama bila Anda meminum obat herbal atau racikan, pastikan obat itu terdaftar di BPOM.
  • Hindari Rokok karena menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah anda. Tekanan darah yang meningkat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal.
  • Hindari stress dengan hal2 yang dapat membuat Anda senang, seperti ber-OR, yoga, mendengarkan musik atau bahkan mengobrol dengan teman.

(Novita Joseph; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/gejala-awal-gagal-ginjal/)-FatchurR * Tamat………….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code