Kesehatan

Gejala Awal Kanker Serviks yang harus diwaspadai

 (lifestyle.okezone.com)-PENYAKIT mematikan bagi kaum hawa salah satunya kanker leher rahim atau biasa disebut kanker serviks. Apa sih kanker serviks itu? Dan apa gejala-gelaja awal dari kanker serviks?

Kanker servik, penyakit yang bagi kaum hawa ini ganas menyerang leher rahim ini berada di sepertiga bagian bawah uterus (rahim), berbentuk silindris (lengkungan), menonjol dan berhubungan dengan vagina melalui ostium, yaitu pintu serviks menuju uterus (rahim). Berikut gejala kanker serviks yang wajib diwaspadai kaum hawa yang Dilansir Okezone dari Cancercenter (23/8/18)

  1. Pendarahan pada vagina, sering mengalami pendarahan di luar masa periode menstruasi, pendarahan setelah berhubungan seksual, dan masih mengalami perdarahan pada masa menopause.
  • Keputihan yang tidak biasa, keputihan dengan kondisi lendir yang berair, berwarna merah jambu atau keputihan yang berbau busuk.
  • Nyeri pada panggul dan nyeri saat berhubungan badan.

Kanker serviks dapat menyebar secara cepat jika tidak diatasi sedari dini, biasanya penyebaran awal kanker ini terdapat pada area panggul, juga pada kelenjar getah bening. Tanda-tanda kanker serviks stadium lanjut menurut laporan NHS Health, meliputi:

  1. Berat badan yang selalu turun
  2. Cepat kelelahan
  3. Sering nyeri pada punggung bawah dan sakit pada pinggul
  4. Nyeri kaki atau bengkak
  5. Sering buang air kecil dari biasanya dan nyeri saat buang air kecil
  6. Pendarahan tiba tiba pada vagina dan saat buang air kecil

Jika Anda sering mengalami gejala tersebut, harap segera konsultasikan kepada dokter kandungan. (hel; Firda Janati; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/08/23/481/1940502/gejala-awal-kanker-serviks-yang-perlu-diwaspadai-termasuk-keputihan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close