Iptek dan Lingk. Hidup

Kapasitas PLTA Sidrap Ditingkatkan

(beritasatu.com)-KUPANG; Kemen-ESDM mengungkapkan kapasitas pembangkit listrik tenaga angin / Bayu  (PLTB) atau bayu di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulawesi Selatan akan ditingkatkan.

 

“Kapasitas PLTB di Sidrap akan diekspansi jadi 125-130 MW” ujar Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Ditjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kemen-ESDM Harris kepada wartawan di Kupang, NTT pada Sabtu (23/3/2019).

 

Ekspansi PLTB ini akan rampung dalam 2-3 tahun lagi. Upaya ekspansi itu pada pembangkit yang ada, jadi bukan membuat pembangkit baru. “Tadinya berkapasitas 75 MW, kemudian diekspansi tambah 50 Mw atau 60 Mw sehingga kapasitasnya jadi 125-130 megawatt,” ujar Harris.

 

PLTB Sidrap merupakan PLTB terbesar yang beroperasi di Indonesia. PLTB ini memiliki 30 kincir angin dengan tinggi tower 80 meter dan panjang baling2   57 meter. Masing2 menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 MW, sehingga total kapasitas yang dihasilkan oleh 30 turbin adalah 75 MW.

 

PLTB Sidrap merupakan PLTB komersial pertama yang dibangun PT UPC Sidrap Bayu, dan mampu mengaliri listrik sebanyak 150.000 untuk rumah tangga dengan keperluan daya 450 KVA.

 

Presiden menyebutkan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kab-Sidrap, Sulsel, merupakan perintis kehadiran kebangkitan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. (WBP; Bahan dari : ANTARA dan https://www.beritasatu.com/ekonomi/544805/kapasitas-pembangkit-listrik-tenaga-angin-sidrap-ditingkatkan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close