Wisata dan Kuliner

Lebak Banten Mulai Panen Durian

(banten.bisnis.com)-RANGKASBITUNG; Pendapatan petani di Kabupaten Lebak, Banten, sejak 2 pekan terakhir meningkat karena masuk musim panen durian.

“Kami panen durian tahun ini menghasilkan Rp100 juta dari penjualan 50 pohon. Pohon durian  diborong tengkulak Rp2 juta/pohon” kata Supatma, petani di Kec-Muncang Kabupaten Lebak (7/1/19)

Panen durian di daerah itu membantu pendapatan ekonomi petani sehingga mensejahterakan keluarga. Juga panen durian menyerap tenaga kerja lokal karena warga bisa kerja mulai pengangkut durian dari hutan ke atas kendaraan juga pemanjat pohon. Saat ini, tengkulak2 dari luar daerah memborong durian petani di atas pohonnya.

Panen durian itu dipasok ke Pasar Rangkasbitung, ibu kota Lebak, juga ke luar daerah : Tangerang, Jakarta, Bekasi Bogor, Cianjur, hingga Indramayu sebab durian Lebak memiliki kualitas rasa manis, beraroma, juga buahnya tebal.

“Kami panen tahun ini untung karena banyak buahnya,” kata Supatma. Sarmin, warga Badui di Kec-Leuwidamar, Kab-Lebak, mengaku panen durian-2019 menguntungkan petani dibanding tahun-2018. Dia jelaskan buah durian lebat di atas pohon dan tengkulak memborong Rp2 – Rp4 juta per pohon.

“Kami jual buah durian Rp2 juta per pohon dengan jumlah 100 pohon maka menghasilkan pendapatan Rp200 juta. Pendapatan itu dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga,” kata Sarmin.

Kadistan dan Perkebunan Kab-Lebak Dede Supriatna, mengatakan panen durian tentu pendapatan ekonomi petani meningkat juga nilai transaksi bisa miliaran rupiah per hari. Kemungkinan panen durian bisa berlangsung hingga Maret-April 2019. Pemda terus meningkatkan mutu durian dengan mengembangkan benih durian yang memiliki sertifikasi.

Kebanyakan durian di Lebak durian lokal, sehingga perlu dikembangkan benih berkualitas itu. Sentra penghasil durian di Lebak antara lain Kecamatan Leuwidamar, Muncang, Lebak Gedong, Cirinten, Bojongmanik, Gunungkencana, Sobang, Cikulur, Cipanas dan Cigemblong.

Mereka petani mengembangkan perkebunan durian di dataran tinggi di atas 500 meter dari permukaan laut. “Kami yakin musim durian itu mendongkrak pendapatan ekonomi petani” ujarnya. (Syahran W Lubis; Bahan dari : Newswire, Antara  dan https://banten.bisnis.com/read/20190107/422/875977/lebak-banten-mulai-panen-durian)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close