Aku cinta Indonesia

Tol Pasteur-Gedebage Ditargetkan Dibangun Tahun ini

(finance.detik.com)-BANDUNG; Pemkot Bandung menggelar pertemuan membahas nasib pembangunan tol dalam kota Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) bersama pihak2 pengembang yang tergabung dalam satu konsorsium.


Usai pertemuan, Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial menjelaskan tol yang akan dibangun dari keluar Tol Pasteur-Gasibu-Ujungberung-Gedebage itu akan tersambung Tol Cisumdawu. “Berdasarkan info paparan, mudah2an lancar. Kalau dimulai 2019, tahun 2023 selesai” ujar Oded Bandung (11/3/20).


Tol  22 km itu menggunakan anggaran Pemprov Jabar, pemerintah pusat dan swasta. Kota Bandung sebagai pemerima manfaat untuk mengurai kemacetan. Pemkot Bandung tetap terlibat dalam kolaborasi dari sisi kebijakan menyiapkan izin yang akan digunakan sebelum pembangunan. “Semua urusan termasuk pembebasan lahan itu dari konsorsium,” katanya.

Oded berharap proyek yang dicanangkan sejak 2005 itu bisa lancar. “Program BIUTR ini dari 2005, pas satu tahun Mang Oded di dewan (DPRD Kota Bandung). Jadi saya harap ini berjalan baik,” ucapnya.


Tim Investasi Wijaya Karya (WIKA) Jajat Sudrajat menjelaskan  yang membuat proyek ini mangkrak adalah pembebasan lahan. Saat itu dana segar mencapai US$ 100 juta telah siap. Hanya baru 30% proses pembebasan lahan yang dibebaskan, sehingga menjadi kendala.


“Mudah2an 2019 ini dengan bantuan dari Mang Oded bisa merealisasikan pembangunan setidaknya tahap 1 mengurai kemacetan sampai Arcamanik dan km 149 (Tol Purbaleunyi)” katanya. (hns/hns; Tri Ispranoto;  Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4463072/tol-pasteur-gedebage-ditargetkan-mulai-dibangun-tahun-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close