Aku cinta Indonesia

Antam Kembangkan Taman Buah Nusantara-Tingkatkan Perekonomian

(news.okezone.com)-BOGOR; PT Aneka Tambang (ANTAM) menginisiasi pengembangan Taman Buah Nusantara (TBN) di Kecamatan Nanggung , Kab-Bogor. ANTAM mengembangkan 14 varian buah asli Indonesia sebanyak 515 bibit di areal 2 ha.

 

TBN salah satu bagian dalam rencana strategis pengembangan Kawasan Geo Eco Edu Toursim setelah Museum Tambang dan Kawasan Wisata Cikaret yang jadi bagian dalam TBN yakni Geopark Pongkor, di Bogor.

 

Direktur Human Capital & CSR ANTAM, Johan NB. Nababan mengatakan, program TBN merupakan salah satu implementasi pelaksanaan tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR), khususnya sektor pelestarian alam sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.

 

“Program ini jadi salah satu infrastruktur yang memperkuat program CSR lain yang ada bahkan menjadi bagian dalam Geopark Nasional. Sebagai Perusahaan dengan tata kelola pelaksanaan CSR yang baik, ANTAM senantiasa mewujudkan program berkelanjutan dan mendukung peningkatan kemandirian masyarakat”ujar Johan.

 

14 varian buah nusantara asli Indonesia yang dikembangkan di TBN diantaranya Durian Pelangi; Kelengkeng Aroma Durian; Kelengkeng New Kristal; Kelengkeng Verni; Alpukat Miki; Alpukat Aligator; Alpukat Si Kendil; Mamey Sapote Proletto; Sawo Jumbo; Jambu Kristal; Anggur Pohon; Pepaya Kalina; Murbei Jumbo; dan Miracle Fruit.

 

ANTAM bersama masyarakat melaksanakan program mulai : Persiapan dan penataan lahan mulai Desember2018; Penanaman bibit tanaman buah; Pembangunan instalasi pengairan; dan Perawatan dan pendampingan program.

 

Perusahaan berharap program ini memberikan stimulus berkembangnya nilai tambah baru dari produk pengembangan budidaya TBN. ANTAM juga melihat kemungkinan2 pengembangan tanaman buah endemik yang ada di wilayah Kecamatan Nanggung, Bogor.

 

Perusahaan berharap tercapainya tujuan terbentuknya fungsi pendidikan dan peningkatan ekonomi, juga tercapai fungsi pengembangan sosial dan wisata untuk penguatan Geopark Pongkor yang telah menjadi perhatian untuk menjadi Jaringan Geopark Global UNESCO.  (fmi; Fahmi Firdaus; Bahan dari : https://news.okezone.com/read/2019/03/26/1/2035018/kembangkan-taman-buah-nusantara-antam-tingkatkan-perekonomian-masyarakat-bogor)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close