Kesehatan

Berapa Lama Boleh Menyimpan Makanan Dalam Kulkas

(m.merdeka.com)-USAI MEMASAK berjumlah banyak, seringkali masakan itu tak langsung habis dan butuh disimpan di kulkas agar tidak cepat busuk. Namun kadang kita lupa dengan masakan yang kita simpan tadi sehingga membiarkannya dalam jangka waktu terlalu lama.

 

Menyimpan makanan dalam jangka waktu terlalu lama ini bisa menimbulkan risiko masakan jadi busuk atau tidak layak makan. Seberapa lama sih kita boleh menyimpan makanan di kulkas?

 

Dilansir dari Self, Katherine Zeratsky, R.D., L.D., menyebut makanan di kulkas dapat bertahan setidaknya hingga 3-4 hari. Setelah jangka waktu itu, risiko makanan tersebut mengandung racun jadi meningkat.

 

Jika kita tidak dapat menghabiskan makanan yang disimpan setelah 4 hari, sebaiknya segera masukkan makanan itu ke freezer. Hal ini dapat menekan penyebaran racun di makanan dan mencegahnya menjadi busuk.

 

Keracunan makanan disebabkan organisme berbahaya seperti bakteri di makanan yang terkontaminasi. Sayangnya bakteri ini biasanya tidak mengubah rasa, bau, atau tampilan dari makanan sehingga sulit dikenali apakah makanan ini berbahaya dimakan atau tidak.

 

Untungnya, sebagian besar kasus keracunan makanan ini dapat dicegah dengan penanganan makanan yang tepat. Untuk menjaga keamanan makanan, cepatlah masukkan makanan seperti daging, ikan, susu, dan telur ke kulkas dan jangan biarkan mereka terlalu lama dalam suhu ruangan atau yang lebih panas.

 

Makanan yang tak perlu dimasak seperti salad atau sandwich juga harus dimakan atau di kulkas secara tepat. Setidaknya buatlah makanan terus dingin dalam suhu yang membuat bakteri sulit berkembang.

 

Pada masakan yang telah disimpan di kulkas, panaskanlah dengan menggunakan kompor, oven, atau microwave dengan suhu yang panas dan memastikan bagian dalam ikut panas. Jika suhu makanan kurang panas, dikhawatirkan bakteri di dalamnya bisa berkembang biak. (mdk/RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/berapa-lama-sih-kamu-boleh-menyimpan-sisa-masakan-di-dalam-kulkas.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close