Wisata dan Kuliner

Gunung Meja-Wisata Alam Baru Ende

(traveling.bisnis.com)-KUPANG; Pemkab Ende segera menata Gunung Meja sebagai objek wisata alam baru yang terletak di bagian tengah Pulau Flores, Provinsi NTT.

 

“Kami akan tata kembali wajah Gunung Meja, tahun-2019 ada biaya dari Kemenpar untuk membuat jalur trekking menuju puncak gunung,” kata Wakil Bupati Ende, Djafar Ahmad, Selasa (16/4/2019).

 

Dia mengatakan, Gunung Meja ini objek alam yang unik dan strategis, karena dapat diamati dari sisi laut, udara, maupun darat oleh setiap orang yang datang di Kota Ende. Untuk itu, lanjutnya, pemerintah berencana menata kembali dengan pembangunan infrastruktur pendukung agar menjadi objek wisata baru yang yang mudah dijangkau.

 

Selain pembangunan jalur trekking, pihaknya akan membangun papan nama besar di puncak gunung bertuliskan “Ende Kota Pancasila”. “Kami juga sedang membahas nanti di sana apakah dibangun patung Bung Karno (panggilan karib yang disematkan kepada Presiden pertama Indonesia, Soekarno) yang tinggi atau lambang Burung Garuda,” katanya.

 

Selain itu, akan dibangun teropong besar yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat keindahan alam di daerah itu dari atas puncak gunung. Dia berharap penataan wisata gunung ini menambah pilihan berwisata ke Ende, selain objek2 yang terkenal seperti Taman Permenungan Bung Karno, Taman Nasional Kelimutu.

 

Djafar mengatakan, penataan wisata gunung itu tetap menonjolkan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia yang diprakarsai, Soekarno, saat menjalani masa pengasingan di Kota Ende pada 1934-1938 silam.

 

Pancasila, lanjutnya, sudah menjadi branding yang kuat bagi pariwisata di Ende yang selama ini sudah menarik wisatawan untuk datang mempelajarinya.

 

“Kkami perkuat dengan event wisata seperti Parade Kebangsaan menyambut hari lahir Pancasila 1 Juni, dan tahun-2019 ditambah dengan parade ‘Seribu Garuda'” katanya. (Editor : M Rochmad Purboyo; Bahan dari : Newswire dan https://traveling.bisnis.com/read/20190416/224/912429/gunung-meja-jadi-wisata-alam-baru-ende)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close