Psikologi

Jangan Menghapus Persahabatan Karena Suatu Kesalahan

(humairoh.com)-Semua orang pasti pernah berbuat salah, sebab kesempurnaan hanya milik Allah. Maka bersikaplah bijak ketika menghadapi seseorang yang berlaku salah kepadamu.

 

Bila perbuatannya menyakitkan, kuatkanlah hati, bersabar dan mengalah pada amarahmu. Jangan sampai kamu menghapus tali silaturahim/persaudaraan hanya karena sebuah kesalahan, tapi hapuslah kesalahan demi persaudaraan. Hidup bukan tentang siapa terbaik, tapi siapa yang mau berbuat baik.

 

Karena hidup bukan tentang siapa yang terbaik, tapi tentang siapa yang mau berbuat lebih banyak kebaaikan dalam hidupnya. Maka, disaat kamu didzalimi, dikhianati, iddibenci, dihina, dan diperlakukan tidak adil, jangan sampai kamu membalasnya dengan hal yang sama. Melunaklah, karena tiap kesabaran dan keikhlasan itu taming di hatimu, tentu akan Allah balas dengan kebaikan-Nya secara sempurna.

 

Bukan kalah, karena merendah  saat marah jauh lebiih baik dari ikut marah

Kita harus tahu, mengalah ditengah dentingnya emosi itu baik. Karena mengalah bukan berarti kalah, sebab merendah disaat mereka amarah jauh lebih baik dari ikutan marah. Dia mengatakan yang menyinggung perasaan? Seakan mengolok-mengolok harga dirimu? Tidak jadi masalah, asal semua yang dikatakannya tidak pernah kamu lakuin.

 

Allah tak pernah tidur. Dia Maha melihat yang terjadi. Pasrahlah kepadaNya

Sadarlah, Allah tidak pernah tidur, Dia melihat semua yang terjadi, termasuk perbuatannya kepadamu.

Maka pasrahlah hanya kepada-Nya, jangan keburu emosi, sebab semua yang dia lakukan adalah urusan Allah, dan percayalah bila Allah yang mengurusnya maka tentu semuanya akan sempurna.

 

Tak usah mengadili. Biar Allah mengadili secara sempurna, biar dia salah pada kita

Yang harus dilakuin hanya urus hatimu agar tenang, ikhlas, dan bisa memafkan. Jangan pernah putus tali persaudaraan hanya sebuah kesalahan, karena saat kita putus tali silaturrahim maka kita memutus jalannya kebaikan yang datang dari Allah.

 

Bagaimana cara agar hati tetap tenang? Yaitu, kamu tidak usah mengadilinya dengan kesalahan yang dia perbuat, biar Alah yang mengadili secara sempurna, bila memang dia bersalah kepadamu.

 

Jangan hapus pertemanan dan persaudaraan hanya karena sebuahg kesalahan

Intinya, jangan lenakan emosimu ketika orang lain, berbuat salah kepadamu, karena kesalahan bila diselesaikan dengan cara yang salah maka akan menimbulkan masalah. (Lailiyatus Saadah; Bahan dari :  https://humairoh.com/jangan-meghapus-persaudaraan-hanya-suatu-kesalahan-namun-hapuslah-kesalahan-demi-lanjutnya-persaudaraan/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close