Kesehatan

Kekeliruan Seputar Air Khasiat Kelapa

(lifestyle.kompas.com)-AIR KELAPA, apalagi yang muda kerap dijadikan minuman pelepas dahaga. Hanya, tak sedikit masyarakat awam yang minum air kelapa bertujuan lain. Ada yang menyebut kalau air kelapa dapat menurunkan berat, memperbaiki fungsi ginjal, hingga mengobati alergi. Benarkah?

 

Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sudah lama dikenal sebagai minuman menyehatkan. Letaknya yang terlindung tempurung keras dan sabut kelapa tebal, membuat air kelapa jadi minuman steril. Bebas dari kontaminasi. Menurut Prof. DR. Made Astawan, MS, air kelapa mengandung 2,6% gula, 0,55 % protein, 0,74% lemak, serta 0,46% mineral.

 

Jenis gulanya : Glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beberapa jenis kelapa ada yang berkadar gula 3% pada air kelapa tua, dan 5,1% pada air kelapa muda. “Itu yang menyebabkan air kelapa muda lebih manis dibanding air kelapa tua,” ujar Made.

 

Tinggi Kalium Dalam air kelapa juga ada asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang menghambat pertumbuhan bakteri. Mineral terbanyak : Kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gram air kelapa muda, yang cukup banyak magnesium, dan klorida, sedang natrium jumlahnya sedikit.

 

Komposisi minuman dengan rasio kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi, menguntungkan bagi kesehatan. Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, yang sesuai cairan tubuh. Minuman isotonik diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama ber-OR atau kegiatan lain. Hanya yang aktif OR perlu hati2 penggunaan air kelapa sebagai minuman elektrolit.

 

Mereka harus tahu jenis OR dan lamanya. Bila OR berat, missal aerobik 3 jam tanpa henti, tubuh akan kehilangan banyak sodium. Konsumsi air kelapa tak bisa mengimbangi kebutuhan tubuh pada sodium. Tak lain karena sodium dalam air kelapa sedikit. Kalau ini yang terjadi, tubuh bisa kekurangan sodium.

 

Akibatnya, otot tidak bisa berkontraksi dengan baik. Detak jantung dan fungsi organ tubuh terganggu. Risiko terburuknya? Anda bisa pingsan. Namun, kalau OR tidak tergolong berat, seperti jalan cepat 1 jam atau beryoga misalnya, minum air kelapa tidak masalah. Syaratnya, tetap konsumsi air-mineral biasa.

 

Hal2 ini yang harus diluruskan dan diperhatikan orang awam agar tak keliru memahaminya. Setidaknya ada 5 hal keliru lainnya tentang air kelapa yang perlu diluruskan.

 

  1. Bantu turunkan berat badan

Ini sering disalahmengertikan. Minum air kelapa berlebihan dapat menyebabkan diare. Kelihatannya-setelah itu berat badan berkurang. Namun, ini bukan cara tepat dan sehat untuk mendapat berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa dijadikan stimulan bagi mereka yang susah buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.

 

  1. Lebih bernutrisi ketimbang susu full cream

Anggapan ini tidak benar. Dibanding air kelapa, susu (full cream atau tidak) kaya protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Selain itu, susu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, serta magnesium. Sementara air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.

 

  1. Bantu sistem kekebalan tubuh

Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh jadi lebih baik dan juga membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Sistem imunitas dalam tubuh adalah sistem yang sangat kompleks.

 

Satu2nya cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah zat gizi yang diperoleh dari beragam makanan. Yang bisa memberi dukungan nutrisi lengkap adalah melalui asupan makanan dengan gizi seimbang.

 

  1. Bantu cegah batu ginjal

Hal pertama guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah cukup konsumsi air atau cairan. Cairan bisa diperoleh dari air kelapa, air mineral, dll. Ada benarnya air, (air kelapa atau air mineral), dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Hanya, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.

 

  1. Pulihkan rasa pusing akibat mabuk

Mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan harus segera dinetralkan. Caranya  minum air, (air mineral atau air kelapa). Untuk meredakan rasa pusing akibat mabuk, sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke dalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol.

 

Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan. (Citra/Diana YS; Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Kekeliruan Seputar Khasiat Air Kelapa”, Bahan dari : https://lifestyle.kompas.com/read/2012/12/29/08184736/5.Kekeliruan.Seputar.Khasiat.Air.Kelapa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close