Kesehatan

Keuntungan Donor Darah Bagi Tubuh(1/2)

(lifestyle.okezone.com)-KEBUTUHAN darah di Indonesia sangat tinggi, sayangnya ketersediaan kantung darah di PMI belum mencukupinya. Karenanya, tidak ada salahnya kita ikut mendonor darah. Selain membantu orang lain, ada efek positifnya juga.

 

Donor darah tak hanya menguntungkan penerimanya saja, tapi juga bermanfaat untuk pendonornya. Berikut  manfaat donor darah yang harus Anda ketahui:

 

Bikin Lebih Bahagia

Penelitian bidang psikologi menunjukkan pendonor yang ingin menolong sesana berisiko lebih rendah mengalami kematian dini ketimbang yang mendonor karena kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan sama sekali.

 

Tak hanya itu, menyumbang hal yang tidak ternilai harganya kepada yang butuh juga akan membuat kita merasa lebih bahagia. Rasa bahagia ini bisa ditumbuh karena Anda merasa berguna dan bermanfaat untuk orang lain.

 

Mencegah penyakit Jantung

Kegiatan yang dapat menyelamatkan nyawa orang ini dapat menurunkan kekentalan darah jika dilakukan teratur. Kekentalan darah sendiri itu salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

 

Jika darah yang mengalir di tubuh terlalu kental, maka risiko terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh juga semakin tinggi. Jika terlanjur terjadi gesekan, maka sel-sel dinding pembuluh bisa mengalami kerusakan yang pada akhirnya memicu terjadinya penyumbatan (ateroskrelosis).

 

Membantu menurunkan berat badan

Anda berencana menurunkan berat badan? Cobalah rutin donor darah. Pasalnya, kegiatan ini bisa jadi cara efektif untuk membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh.

 

Hasil studi oleh para peneliti dari University of California, San Diego Amerika Serikat, rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya, lho! Meski efektif membakar kalori, tapi perlu diingat juga kegiatan ini tidak dapat dijadikan sebagai pilihan program penurunan berat badan.

Anda tetap harus menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga secara teratur supaya dapat mencapai berat badan yang ideal. (mrt; Bahan dari : Agregasi Hello Sehat dan https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/18/481/2045033/5-keuntungan-donor-danar-bagi-tubuh-tunggu-apa-lagi)-FatchurR * Bersambung………….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close