RSS Feed     Twitter     Facebook

Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 5 views    Font size:
Mengatasi Migrain Tanpa Obat

(jpnn.com)- MIGRAIN; jenis sakit kepala yang hanya menyerang satu sisi kepala. Keluhan ini disertai  mual, muntah, dan sensitif pada cahaya. Ketika terjadi, mayoritas yang mengalami cenderung memilih obat sebagai solusi utama. Bagaimana Anda, juga mengandalkan obat saat serangan migrain?

 

Bagi yang sering migrain namun tak ingin bergantung pada obat, keluhan itu dapat diatasi dengan melakukan cara2 alami, lho! Ya, migrain dapat diatasi tanpa perlu konsumsi obat2an.

 

Cara alami atasi Migrain

Terapi migrain digolongkan 2 : Terapi abortif bertujuan menangani gejala secara langsung, dan terapi profilaksis atau pencegahan. Pasien migrain berulang biasanya butuh kedua jenis terapi itu. Adapun langkah2 melakukan terapi yang dimaksud, yaitu:

 

Menghindari faktor pemicu

Ada hal2 pemicu munculnya migraine : Kurang istirahat, terlalu lelah, stres, serta konsumsi makanan dan penggunaan obat tertentu. Makanan pemicu migrain, termasuk keju, alkohol, kacang dan asupan yang mengandung kafein.

 

Agar Anda tak mengalami migrain, hindari atau batasi semua pemicu terjadinya keluhan terkait. Khusus untuk pil KB, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk ganti jenis lain yang tak menimbulkan migrain.

 

Menjaga sleep hygiene

Berdasarkan American Migraine Foundation, cara mengatasi migrain dengan menjaga kualitas tidur, yaitu memperhatikan sleep hygiene. Hal ini bisa diterapkan dengan menjaga waktu tidur dan waktu bangun teratur setiap harinya.

 

Selain itu, hindari beraktivitas yang dapat menstimulasi pikiran di sekitar tempat tidur. Sebab, aktivitas seperti menggunakan gawai atau membaca di sekitar tempat tidur dapat memberi stimulasi berlebihan pada otak, sehingga sulit beristirahat malam hari.

 

Cukupi cairan tubuh

Jika dehidrasi, aliran darah dan oksigen ke otak berkurang sehingga timbul migrain. Karenanya, agar tidak berakhir mengalami kondisi ini, Anda wajib memenuhi kebutuhan cairan; minum 2 liter air putih setiap hari.

 

Bila dehidrasi dan migrain telanjur terjadi, Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat. Jika dirasa benar2 perlu, konsumsi minuman yang mengandung elektrolit juga boleh dilakukan.

 

Konsumsi vitamin

Vitamin membantu mencegah dan mengatasi migrain. BHasil penelitian : Konsumsi vitamin B2 (riboflavin), dapat mengatasi migrain. Faktanya, riboflavin cepat dikeluarkan tubuh sehingga dapat dikonsumsi 2 kali sehari, pagi dan sore. Selain itu, magnesium berperan dalam mengatasi migrain, khususnya pada migrain berkaitan siklus menstruasi.

 

Lakukan terapi biofeedback atau cognitive behavioral therapy

Mengatasi migrain tanpa obat dapat dengan terapi biofeedback dan cognitive-behavioral therapy. Kedua jenis terapi ini untuk membuat kondisi tubuh lebih relaks, melatih kesadaran dalam mengatasi rasa sakit dan stres berlebihan dengan mengubah perilaku, pikiran dan perasaan.

 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan pencegahan supaya penyakit tidak benar-benar terjadi. Akan tetapi, ketika proses pencegahan menuai kegagalan, selalu awali upaya kesembuhan dengan menggunakan terapi tanpa obat, tak terkecuali untuk kasus migrain atau sakit kepala sebelah.

 

Namun jika migrain yang Anda alami tidak kunjung hilang, segera periksa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. (NB/RVS; Bahan dari : klik dokter dan https://www.jpnn.com/news/5-cara-tepat-atasi-migrain-tanpa-obat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code