Kesehatan

Mengurangi Risiko Orang Tua Jatuh(2/2)

(hellosehat.com)-Ciptakan rumah aman

Kunci dari keamanan tinggal di rumah saat usia lanjut (Lansia), beradaptasi dan mengenali lingkungan tempat tinggal sebaik mungkin. Banyak lansia yang menjadi takut dan menyingkirkan barang2 di rumahnya untuk menciptakan ruang gerak yang lebih luas.

 

Namun hal ini justru dapat menambah risiko jatuh. Memodifikasi rumah Anda mungkin dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa tempat di rumah yang biasa menjadi tempat yang rawan untuk jatuh :

 

  • Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang berisiko. Saat mandi, kita mungkin harus melakukan gerakan-gerakan yang dapat mengganggu keseimbangan. Anda dapat menambah kursi untuk duduk selama mandi dan pegangan tangan di kamar mandi.

 

  • Lantai yang tidak rata;

Lantai dan karpet yang tidak rata dapat menimbulkan masalah keseimbangan. Menyingkirkan karpet dan memperbaiki lantai yang rusak akan mengurangi risiko jatuh.

 

  • Dapur

Bekerja di dapur memerlukan banyak posisi dan manuver. Menata ulang dapur agar tidak mengganggu gerakan Anda akan sangat membantu.

 

  • Ruangan dengan penerangan buruk.

Kemampuan melihat di ruangan gelap akan semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu. Menambah sumber penerangan mungkin dapat mengurangi risiko jatuh.

 

Menambah pegangan pada tangga mungkin dapat meningkatkan keamanan dan rasa percaya diri.

 

Laporlah jika terjatuh

Banyak lansia berpikir dengan melaporkan mereka terjatuh, mereka dapat kehilangan kemandirian mereka. Akan tetapi, perlu diingat, dengan tidak melaporkan Anda terjatuh, maka Anda tidak dapat ditangani sedini mungkin oleh dokter.

 

Selain itu, potensi Anda untuk terjatuh lagi akan semakin meningkat. Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu Anda untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk menjalani hidup Anda seoptimal mungkin. (Priscila Stevanni; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mengurangi-risiko-orang-tua-jatuh/)-FatchurR * Tamat………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close