Selingan

Pekerjaan ini Akan Hilang di Masa Depan

(economy.okezone.com)-JAKARTA; PEKERJAAN dengan penghasilan tinggi menarik banyak minat. Pekerjaan bergaji tinggi juga berisiko besar. Dan seiring tren kemajuan industri digital, ada pekerjaan2 dengan gaji tinggi yang diprediksi akan hilang oleh kemajuan jaman.

 

Mengutip dari CNBC Make It, (6/4/2019), ada 7 jenis pekerjaan yang bergaji tinggi yang akan berkurang 2% dalam tahun2 ke depan oleh kemajuan teknologi digital, dimana 79% dari tenaga kerja petugas kebakaran kereta akan tidak diperlukan lagi. Apa saja 7 pekerjaan tersebut?

 

Petugas turbin di pembangkit listrik

Bergaji USD82.510 per tahun. Kemajuan teknologi membuat ruang kontrol juga dimodernisasi. Dengan kecanggihan teknologi, pekerjaan untuk petugas turbin pembangkit listrik akan hilang. Pekerja ini akan kesulitan menemukan pekerjaan pengganti bergaji tinggi di bidang serupa. Penurunan pekerjaan ini di 2026 sebesar 3%.

 

Konduktor kereta api

Bergaji USD60.300 per tahun. Konduktor, jenis yang mengelola kru di kereta barang dan penumpang. Mereka juga mengawasi pemuatan dan pembongkaran penumpang atau kargo yang aman dan benar. Tetapi penurunan pengangkutan komoditas curah : Minyak dan batubara, membuat berkurangnya permintaan keterampilan mereka. Perkiraan penurunannya di tahun 2026 sebesar 2%.

 

Petugas surat

Berpenghasilan USD74.840 per tahun. Pekerja ini melayani operasional dan administrasi kantor pos. Dengan kecanggihan teknologi dari sistem penyortiran otomatis, kotak surat klaster dan anggaran ketat secara drastis mengurangi pekerja pos (2026). Kini orang2 memilih bayar tagihan secara elektronik dan email untuk tugas2 yang dulu melalui surat. Penurunan pekerjaan ini (2026) 21%.

 

Operator pabrik kimia

Rata2 gaji USD62.170 per tahun. Operator pabrik kimia mengawasi dan mengoperasikan proses kimia hingga sistem mesin pabrik. Kombinasi peningkatan efisiensi dan tekanan untuk jadi ramah lingkungan, berakibat lebih sedikit pekerja dibutuhkan mengelola pabrik kimia. Penurunan pekerjaan (2026) 9%.

 

Petugas pemadam kebakaran kereta

Rata2 gaji USD60.360 per tahun. Tahun2 ke depan, lebih dari 3/4 orang yang bergelar ini menganggur. Karena peralatan dan instrumen di KA berbeda dengan kereta di zaman mendatang. Sehingga sedikit perusahaan KA yang mempertahankannya. Pekerjaan instrumen KA lebih banyak diserahkan kepada otomatisasi atau insinyur. Perkiraan penurunan pekerjaan ini di 2026 sebesar 79%.

 

Petugas asuransi

Rata2 gaji USD69.760 per tahun. Perusahaan asuransi kini menggunakan kemajuan teknologi dan perangkat lunak untuk meningkatkan aplikasi asuransi. Teknologi ini praktis karena dapat diproses oleh tiap pekerja secara individual, sehingga bakal mengurangi penjamin asuransi yang dibutuhkan. Perkiraan penurunan di tahun 2026 sebesar 5%.

 

Programmer komputer

Bergaji USD82.240 per tahun. Kita bertanya di era digitalisasi dan komputerisasi, peranan pekerjaan programmer komputer akan menurun? Bisa. Karena kehadiran internet maka perangkat yang didukung oleh internet, membuat pemrograman komputer dapat dilakukan dimana saja di dunia.

 

Perusahaan tidak lagi mengandalkan programmer dengan gaji besar. Mereka bisa mengalihtugaskan ke orang yang di bidang ini, tanpa harus jadi pegawai tetap, atau orang2 di negara lain dengan bayaran lebih rendah. Perkiraan penurunan pekerjaan ini 2026 sebesar 7%. (Rina Anggraeni-Sindonews/kmj; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2019/04/06/320/2039985/7-pekerjaan-ini-akan-hilang-di-masa-depan?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close