Iptek dan Lingk. Hidup

Teknologi Revolusioner di Awal 2019(5/5)

(m.liputan6.com)-5-Pasien HIV sembuh

Seorang pasien di London mengukir sejarah setelah jadi orang kedua yang sembuh dari penyakit HIV. Sang pasien bebas dari virus mematikan tersebut setelah menerima transplantasi sumsum tulang.

 

Donor dari sel induk atau stem cells yang ditransplantasikan memiliki mutasi genetik ternyata tahan terhadap HIV. Operasi sumsum ini sebenarnya sudah dilakukan hampir dua tahun yang lalu, tetapi di awal 2019 ini, HIV tidak muncul kembali meski tanpa meminum obat antiretroviral.

 

Sayangnya metode ini bukanlah hal yang bisa jadi metode penyembuhan masal. Pasalnya, terdapat rentetan risiko serius, dan pasien yang satu ini adalah salah satu yang beruntung. Orang pertama yang sembuh pun, yakni Timothy Brown, sembuh dengan cara ini. Bisa dikatakan HIV sah bisa disembuhkan meski dengan cara yang ekstrem dan berisiko besar.

 

(Reporter: Indra Cahya; Jek; Bahan dari :  Sumber: Merdeka.com; Liputan6.com dan https://m.liputan6.com/tekno/read/3946526/5-teknologi-revolusioner-yang-mencuri-perhatian-di-awal-2019?medium=Headline__mobile&campaign=Headline_click_2)-FatchurR * Tamat………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close