RSS Feed     Twitter     Facebook

Terowongan Air Nanjung Target Rampung Tahun Ini

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Terowongan Air Nanjung Target Rampung Tahun Ini

(properti.kompas.com)-PEMERINTAH menargetkan pembangunan terowongan kembar Nanjung di Kec-Margaasih, Kab-Bandung, rampung 2019. Kehadiran terowongan ini diyakini mengurangi potensi banjir yang kerap terjadi di wilayah Bandung Selatan.

Presiden saat menyambangi terowongan itu (10/3/19), mengungkapkan, awalnya pembangunan terowongan ini dilakukan belasan tahun lalu. “Tiba di Bandung, saya meninjau proyek pembangunan terowongan kembar Nanjung itu. Terowongan ini sudah direncanakan 15 tahun lalu tapi baru tahun 2017 kita kerjakan” tulisnya di akun Instagram resminya, seperti dikutip Kompas.com.

Kehadiran terowongan ini sebagai bagian dari pembenahan Sungai Citarum, dan mengendalikan banjir yang kerap terjadi di kawasan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. “Terowongan Nanjung untuk mengatasi penyempitan alur Sungai Citarum di titik itu akibat kontur berbukit di Curug Jompong. Sehingga, aliran air dari hulu ke hilir hingga ke Waduk Saguling di Kab-Bandung Barat tidak terhambat”.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap, terowongan ini mengakselerasi aliran S. Citarum yang naik saat pasang. “Jika selesai, proyek Rp 375 milyar ini Insya Allah mengurangi masalah banjir. Mohon doanya, pemerintah terus berupaya dan berikhtiar. Hatur nuhun,” tulisnya di akun Instagram resminya.

Terowongan Nanjung terdiri 2 bagian dengan panjang masing2 230 mt dan diameter 8 mt. Kehadiran terowongan ini dapat meningkatkan kapasitas Sungai Citarum di wilayah Nanjung yang semula 570 m3 per detik jadi 643 m3 per detik.

Manfaat lain dari terowongan ini memperlancar aliran Citarum di Curug Jompong dan mengurangi durasi dan luas genangan yang terjadi saat musim hujan di Dayeuhkolot dan sekitarnya. “Dengan adanya ini, dia turun 3-4 meter sehingga itu lebih cepat mengalir ke Cirata dan menarik air yang banjir di Dayeuhkolot,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau lokasi, Selasa (19/2/2019).

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Pemerintah Targetkan Terowongan Kembar Nanjung Rampung Tahun 2019”, Penulis : Dani Prabowo; Editor : Hilda B Alexander; Bahan dari : https://properti.kompas.com/read/2019/03/10/162312921/pemerintah-targetkan-terowongan-kembar-nanjung-rampung-tahun-2019)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code