Aku cinta Indonesia

Terowongan Bawah Tanah Terpanjang di Indonesia

(bisnis.tempo.co)-JAKARTA; Kemen-PUPR membangun terowongan bawah tanah atau  underpass  terpanjang di Indonesia. Terowongan sepanjang 1,3 km itu di bawah Bandara Kulonprogo atau New York International Airport (NYIA), Yogyakarta.

 

Underpass terpanjang ini bagian Jalan Nasional Pansela (Pantai Selatan). Dalam pembangunannya, faktor keamanan harus betul2 diperhatikan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers nya (8 April 2019).

 

Pembangunan underpass sejak November 2018 kini mencapai 30% dan ditargetkan selesai Desember 2019. Biaya pembangunan bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara Tahun Anggaran 2018-2019 sebesar Rp 293,18 miliar.

 

Pembangunan terowongan ini agar akses jalan nasional di jalur pantai selatan Jawa penghubung Purwokerto dan Yogya tetap terbuka. Hal itu karena pembangunan Bandara Kulonprogo memotong jalan pansela yang lama.

 

Untuk menjamin keamanan underpass, Menteri memerintahkan Ketua Komite Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jl. Sugiyartanto yang juga Dirjen Bina Marga menghitung cermat aspek2 keamanan-keselamatannya. Agar jalan keluar kegawat-daruratan/emergency exit  ditambah.

 

“Saat ini dikaji lebih mendalam menambah aspek keamanan” ujar Basuki. Dia minta kontraktor yakni Kerja Sama Operasi PT Wijaya Karya dan PT MCM memperhatikan aspek saluran air terowongan untuk menghindari banjir. Kontraktor juga diminta meningkatkan metode kerjanya dengan memperhatikan aspek seperti kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan kebersihan.

 

Jalan nasional, juga tidak boleh berdebu akibat keluar masuk mobil proyek. “Karena itu mobil proyek harus bersih keluar dan masuk lokasi proyek sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan.”

 

Sebagai dukungan untuk pembangunan Proyek Bandara Baru Yogya yang jadi Proyek Strategis Nasional (PSN), Menteri mengatakan Kementerian PUPR bersama PT Angkasa Pura I menangani permasalahan banjir yang sempat terjadi pada Maret 2019. (Editor : Rr Ariyani Yakti Widyastuti; Bahan dari : ANTARA dan https://bisnis.tempo.co/read/1193568/terowongan-bawah-tanah-terpanjang-di-ri-dibangun-biaya-rp-293-m)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close