Kesehatan

Tidur Dengan Atau Tanpa Bantal-Mana Lebih Baik

(health.detik.com)-JAKARTA; Bangun tidur dengan leher sakit akibat salah bantal, tidak menyenangkan. Faktanya bantal tidak bisa disalahkan sepenuhnya saat posisi tidur terasa kurang nyaman. Bantal dan kasur berperan penting menjaga posiisi tulang punggung tetap stabil selama beristirahat.

Namun, bantal tidak terlalu diperlukan sepanjang waktu selama tidur malam atau siang. Dikutip dari situs Tuck, penggunaan bantal bergantung posisi tidur. Artinya, bantal bisa sesekali tak digunakan saat posisi tidur terasa tidak nyaman. Berikut pertimbangan penggunaan bantal dalam berbagai posisi tidur

 

Dengan Bantal Saat Tidur Menyamping

Mereka yang tidur dengan posisi cenderung menyamping kanan atau kiri sebaiknya gunakan bantal. Posisi ini perlu bantal dan kasur untuk menjaga tulang punggung tetap lurus mulai punggung hingga kepala. Tidur tanpa bantal dengan posisi ini memaksa tulang leher terlalu miring ke kiri atau kanan, yang berisiko mengakibatkan munculnya rasa pegal di pagi hari.

Bantal yang digunakan sebaiknya tidak terlalu tebal atau tipis untuk menjaga posisi leher sejajar dengan tulang punggung. Selain itu bisa dicoba menggunakan bantal yang ditempatkan antara lutut. Bantal di kaki, atau yang biasa disebut guling ini, membantu posisi tulang punggung tetap lurus hingga pinggul.

 

Dengan Bantal saat tidur terlentang

Bantal mengisi celah antara leher dan kasur yang tercipta saat posisi tidur telentang. Tanpa bantal, posisi tidur ini berakibat munculnya rasa pegal di pagi hari. Bantal yang dipilih sebaiknya jangan terlalu tebal supaya posisi leher bisa tetap sejajar dengan tulang punggung.

Selain di kepala, bantal juga bisa di bawah lutut atau tulang punggung bagian bawah. Bantal sebaiknya jangan terlalu tebal ini membantu mengatasi tekanan di bagian punggung bawah. Bantal yang tepat menjaga tulang punggung tetap lurus mulai dari leher hingga pinggul, agar bisa bangun tanpa rasa pegal.

 

Tanpa bantal saat tidur terungkap

Posisi tidur yang beralas perut sebaiknya tidak menggunakan bantal atau memilih yang tipis. Tidur tengkurap memaksa tulang leher keluar dari posisinya yang sejajar punggung. Beban tulang leher tak perlu ditambah dengan bantal yang tebal saat tidur tengkurap.

Selain bantal di kepala bisa dipertimbangkan menggunakan bantal di daerah pinggul. Bantal yang sebaiknya tipis bisa diselipkan antara tubuh dan kasur. Bantal menjaga tulang pinggul tetap sejajar dengan punggung dan leher sehingga tidak sakit saat bangun di pagi hari. (fds; Rosmha Widyani; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4499478/tidur-dengan-atau-tanpa-bantal-mana-yang-lebih-baik)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close