RSS Feed     Twitter     Facebook

10 Makanan Sahur Penangkal Lemas Dan Mengantuk Saat Puasa

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
10 Makanan Sahur Penangkal Lemas Dan Mengantuk Saat Puasa

(health.detik.com)-JAKARTA; Memasuki bulan Ramadan tak hanya menyiapkan mental tapi juga fisik. Lemas dan lesu jadi pemandangan yang kerap kita lihat di bulan puasa, tak terkecuali para wanita.

Tubuh wanita didesain beda dengan pria, sehingga ada asupan2 tertentu yang buruk dan juga baik untuk tubuh saat dikonsumsi. Biar para wanita makin strong menjalani puasa kali ini, yuk konsumsi 10 makanan sehat berikut ini, seperti yang detikHealth rangkum dari berbagai sumber:

 

1-Pepaya

Warna oranye kemerahan buah pepaya disebabkan oleh kandungan beta karoten dan likopen. Likopen itu antioksidan, yang bisa menurunkan risiko kanker serviks dan payudara, serta menjaga kolesterol dan tekanan darah tetap sehat agar menjauhkan penyakit jantung. Pepaya bisa dijadikan pencuci mulut saat sahur atau berbuka.

 

2-Alpukat

Tubuh butuh lemak, dan alpukat kaya lemak sehat. Rutin mengonsumsi buah satu ini bisa membantu menyingkirkan lemak perut dan melindungi mata dan kulit. Alpukat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ dan menaikkan kadar kolesterol ‘baik’, cocok untuk teman berbuka.

 

3-Bayam

Asam folat dalam sayur bayam bisa membantu meminimalisir risiko demensia, penyakit jantung dan kanker usus. Bayam juga mengandung antioksidan lutein yang bisa melindungi lensa dan retina mata dan bahkan mengusir keriput. Lumayan nih, biar disangka tetap awet muda saat kumpul lebaran nanti!

 

4-Kacang2an

Kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan protein tanpa lemak dan tinggi serat. Kacang bisa menurunkan tekanan darah, gula darah dan denyut jantung, yang berisiko penyakit jantung, penyebab kematian wanita tertinggi di dunia. Jadikan kacang2an teman ngemil saat menunggu imsak datang.

 

5-Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak mengandung kalsium yang cukup untuk memenuhi sepertiga asupan yang direkomendasikan. Selain itu, yogurt diperkaya vitamin D untuk membantu tubuh menggunakan mineral lebih baik. Jangan konsumsi yogurt saat perut kosong.

 

6-Ikan sarden

Ikan sarden (lebih baik beli yang segar) mengandung banyak lemak sehat, vit-D dan kalsium. Lemak sehat alias lemak omega-3 dapat meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI) dan baik untuk bayi jika dimakan sang ibu saat hamil. Ikan sarden segar memiliki kandungan merkuri lebih sedikit ketimbang ikan kebanyakan dan bisa jadi pilihan makan malam usai berbuka.

 

7-Daging sapi tanpa lemak

Daging merah yang memenuhi kebutuhan zat besi paling baik adalah daging sapi. Pilih daging sapi tanpa lemak, dan wanita sangat membutuhkannya, namun jangan berlebihan. Hati sapi juga dapat membantu untuk asupan asam folat yang lebih tinggi. Makanan yang tepat usai berbuka nih!

 

8-Kacang Edamame

Kacang edamame penuh serat, lemak sehat dan kandungan mirip estrogen (isoflavon). Isoflavon baik bagi wanita menopause, karena bisa mengurangi gejala hot flashes atau mudah gerah. Kacang edamame bisa kamu jadikan cemilan saat berbuka maupun sahur, atau campurkan dengan menu makan malam.

 

9-Kale

Sayur kale sama hebatnya dengan bayam. Kandungan vit-K nya tinggi, yang bisa bekerja bersama kalsium dan vit-D menjaga tulang tetap kuat dan sehat, supaya kita tetap strong beraktivitas saat berpuasa. Satu porsi kale dapat memenuhi 20% asupan harian yang direkomendasikan dari vit-A dan C. Kita bisa membuat salad dengan kale untuk sahur atau membuat sayur sup menggunakan kale.

 

10-Buah Beri dan ceri

Buah beri dan ceri mengandung flavonoid dan antioksidan yang melindungi sel2 sehat dari kerusakan. Buah beri dapat membantu otak jadi lebih tajam, dan kandungan vit-C bisa membentuk kolagen, protein yang membuat kulit kencang dan lembut. Selain sehat, tetap syantik saat puasa juga perl. (frp/up; Frieda Isyana Putri; Bahan dari :  https://health.detik.com/diet/d-4537200/10-makanan-sahur-penangkal-lemas-dan-ngantuk-saat-puasa?tag_from=wpm_nhl_4)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code