Kesehatan

Awas Soda Diet Picu Makan Berlebih

(republika.co.id)-JAKARTA; Soda diet kerap dianggap sebagai solusi minuman bersoda rendah kalori. Karena itu, soda diet sering dipilih sebagai opsi minuman ‘aman’ oleh orang2 yang berdiet.

 

Studi terbaru menunjukkan soda diet bukan sahabat baik untuk yang berdiet. Konsumsi soda diet dapat mendorong seseorang makan lebih banyak. Studi oleh George Washington University ini menunjukkan konsumsi soda diet mempengaruhi kontrol asupan kalori seseorang. Orang2 yang rutin meminum soda diet dan minuman diet lain rata2 mengonsumsi hampir 200 kalori tambahan per hari.

 

Studi ini melibatkan data pengaturan pola makan atau diet pada lebih dari 7.000 anak-remaja di AS. Studi membandingkan asupan kalori partisipan yang gemar meminum soda diet dan soda biasa dengan partisipan yang hanya minum air putih.

 

Diketahui partisipan yang rutin meminum soda diet cenderung mengonsumsi kalori ekstra 196 kalori per hari. Sedang partisipan yang rutin minum soda biasa cenderung mengonsumsi kalori ekstra 312 kalori.

 

Seperti dilansir News.com.au, penelitian ini tidak membuktikan konsumsi soda diet itu penyebab kenaikan berat badan secara langsung. Tetapi, orang2 yang mengonsumsi soda diet cenderung mengonsumsi gula tambahan pada makanan mereka.

 

Kecenderungan ini membuat orang2 yang gemar mengonsumsi soda diet justru kerap mendapatkan asupan gula tambahan yang lebih tinggi. Dalam jangka panjang, asupan gula tambahan yang berlebih ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Temuan sangat bertolak-belakang dengan poin penjualan soda diet yang mengedepankan aspek rendah kalori. Alasannya, studi ini membuktikan konsumsi soda diet dan soda biasa tak berbeda signifikan terhadap asupan kalori keseluruhan seseorang. Konsumsi soda diet bahkan dapat mendorong seseorang untuk mendapatkan asupan kalori melebihi kebutuhan.

 

Dari temuan, tim peneliti menilai ada satu pesan penting. Tak peduli itu soda diet atau soda biasa, tak ada hal baik yang bisa didapatkan dari meminum minuman bersoda. Semakin sedikit konsumsi minuman bersoda akan semakin baik.

 

Air putih tetap merupakan opsi terbaik untuk minuman sehari-hari. Kebiasaan minum air putih yang benar akan secara alami mendorong seseorang untuk mengurangi asupan gula ataupun makan secara keseluruhan.

 

(Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/pr3x1r328/awas-soda-diet-picu-makan-berlebih)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close