Iptek dan Lingk. Hidup

Banyak Yang Pakai Odol Menghadapi Gas Air Mata

(health.detik.com)-JAKARTA; Dalam aksi 22 Mei 2019, banyak di antara demonstran dan anggota polisi yang mgnoleskan odol di bawah mata. Dipercaya bisa ‘melindungi’ mata dari efek gas air mata.

Dokter mengatakan odol atau pasta gigi tidak bisa melindungi mata dari gas air mata. Menurut dokter, gas air mata bekerja karena terhirup pernapasan sehingga tidak bisa ditangkal dengan odol. Tapi kenapa tetap banyak yang menggunakannya?

Salah satu anggota polisi, Fu’umori, bercerita ke detikHealth tentang fungsi mengoleskan odol di sekitar mata. Odol segaja digunakan untuk memancing air mata keluar ketika terkena gas air mata. “Jadi odol itu biar keluar aja air matanya, bukan biar nggak kena gasnya. Kena mah tetep,” katanya di sela mengamankan kerusuhan di kawasan bundaran HI, Jakarta Pusat, (22/5/2019).

 

Fu’umori menuturkan gas air mata mengandung serbuk seperti merica yang menyebabkan mata sangat perih ketika terkena. “Makanya jangan dikucek, biarin aja biar nangis. Kalau ngasih air malah makin jadi (perihnya-red). Diemin aja,” tambahnya.

Ia juga menuturkan jika tak sengaja terkena, baiknya dibiarkan saja. Paling-paling durasi perihnya tak akan lama, hanya sekitar lima menit. Sebab, jika dikucek akan menyebabkan masalah lebih serius.

“Sampai buta itu kalau dikucek, makanya biarin aja. Makin di kucek dia makin menyebar. Nanti keluar sendiri kok,” pungkasnya. (kna/up; Khadijah Nur Azizah; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4562792/banyak-yang-pakai-odol-saat-hadapi-gas-air-mata-ternyata-ini-fungsinya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close