Selingan

Kenapa Turki Identik Kebab-Ini Faktanya

(m.merdeka.com)-Turki identik kebab. Khususnya di Istanbul. Kota itu menghubungkan dua benua,  Eropa dan Asia. Asimilasi budaya yang dibawa ke Istanbul oleh imigran dari negara2 seperti Eropa Timur, Afrika Utara, dan Timur Tengah menjelma dalam kuliner unik itu.

 

Istanbul disebut sebagai kota kebab bukan tanpa alasan. Kota itu jadi satu2nya tempat di Turki yang kita dapat mencicipi beragam varian kebab, dari berbagai penjuru negeri. Masing2 daerah di turki memiliki kebab dengan gayanya sendiri.

 

“Kita dapat mengelilingi Istanbul hanya dengan makan kebab, dan (otomatis) merasakan setiap wilayah di Turki,” kata Penulis Kuliner Ansel Mullins, dikutip CNN pada Senin (6/5)

 

Hal itu karena di Istanbul terdapat orang2 dari berbagai penjuru Turki. “(Mereka) didorong alasan ekonomi, atau untuk menghindari tempat bahaya pada dekade sebelumnya,” kata Mullins penulis sekaligus pendiri Culinary Backstreet, perusahaan wisata kuliner.

 

Dari wilayah yang satu ke yang lain, banyak perbedaan dalam makanan tradisional Turki, tak terkecuali kebab. Di negara2 Barat, kebab identik berisi daging. Namun, Turki memiliki cara sendiri mendefinisikan makanan unik itu.

 

Kebab dapat disajikan bersama apa saja. Bisa jadi ikan atau sejenisnya yang dibakar langsung pada api. Kebab yang terkenal di Turki adalah Doner Kebab yang secara harfiah berarti kebab yang berputar dan Kebab Shish. Wilayah Kadinlar Pazari di Distrik Fatih dikenal dengan kebab Buryan.

 

Kebab Buryan dibuat dengan daging domba yang dimasak di atas batu bara. Banyak orang mengidamkan Buryan khususnya yang bergaya Siirt. Konon, kebab Buryan terbaik dapat ditemukan di restoran lokal bernama Siirt Seref. “Saya pikir tempat ini (Istanbul) adalah representasi banyak kota,” kata Mullins.

 

Makanan tradisional seperti kebab menjadi bukti berbagai keluarga yang datang dari tempat jauh masih melestarikan budayanya.  (Reporter: Siti Khotimah; mdk/ian; Tim Merdeka;  Bahan dari : Liputan6.com dan  https://m.merdeka.com/dunia/kenapa-turki-identik-dengan-negeri-kebab-ini-fakta-menariknya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close