Kesehatan

Lansia Rajin Beres2 Lebih Sehat-Bahagia

(lifestyle.okezone.com)-JAKARTA; Jadi lansia sehat-terbebas penyakit kronis gak harus muluk2. Anda bisa memulai dengan rajin beres2 rumah setiap hari. Penelitian membuktikan dengan pekerjaan rumah sederhana : Memasak, cuci piring, berkebun, dan berbelanja, bisa meningkatkan mutu hidup lansia.

 

Lansia Sehat adalah yang rajin beres2 rumah

Lansia sehat; adalah yang lebih telaten membersihkan rumah, begitu ungkap penelitian dari Clinical Gerontology Branch di National Institute on Aging, Maryland, Amerika Serikat. Penelitian tersebut dikepalai oleh Chhanda Dutta, PhD.

 

Penelitian ini menyebutkan beres2 rumah itu aktivitas fisik sederhana yang baik untuk lansia. Beraktivitas fisik rutin mampu mencegah ber-macam2 penyakit dan penurunan fungsi tubuh yang sering mengintai lansia.

 

Aktivitas fisik membuat Anda lebih kuat, mencegah keropos tulang, memperbaiki keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, membuat tidur lebih nyenyak, dan mengurangi gejala tertentu akibat penyakit kronis. Anda yang mengidap penyakit seperti diabetes atau stroke bisa mencegah kondisi kesehatan terus merosot dengan beraktivitas fisik.

 

Temuan penelitian di atas didukung studi dari Jerman yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health. Tim peneliti menyatakan bahwa orang-orang yang berusia 65 tahun ke atas memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi jika lebih rajin melakukan pekerjaan rumah.

 

Peneliti melaporkan lansia yang menghabiskan waktu  3-6 jam untuk bekerja di rumah tangga setiap harinya 25% dilaporkan memiliki kesehatan yang lebih baik dibanding mereka yang hanya menghabiskan 1-2 jam mengerjakan pekerjaan rumah setiap harinya.

 

Menariknya lagi, manfaat beres2 rumah menjamin lansia sehat selalu dilaporkan lebih tinggi pada lansia laki2. Padahal, pekerjaan rumah diidentikan dengan tugas wanita. Kesimpulan ini didapat setelah mengamati kebiasaan harian lebih dari 15 ribu pria dan 20 ribu wanita lansia di lebih dari tujuh negara, termasuk Italia, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat.

 

Peneliti justru menemukan bahwa beres-beres rumah kurang dari tiga jam sehari justru menurunkan kondisi kesehatan lansia, terutama pria yang umumnya lebih jarang melakukannya ketimbang wanita.

 

Pembagian kerja beres2 rumah tetap harus dibagi rata

Hasil penelitian pria lansia hanya menghabiskan 3 jam/hari untuk beres2 rumah, dan lansia wanita bisa menghabiskan 5 jam/hari. Jenis pekerjaan rumahnya lebih berat yang dilakukan wanita (ngepel, cuci piring, cuci baju, memasak, dan berbelanja). Yang dilakukan pria bersifat perawatan dan perbaikan seperti memperbaiki keran bocor dll.

 

Terlalu banyak mengerjakan pekerjaan rumah gak baik, terutama wanita lansia. Kesehatannya cenderung memburuk karena mengerjakan pekerjaan lebih dari 3 jam setiap hari. Risikonya durasi dan kualitas tidur wanita lansia. Wanita yang berjam-jam bekerja di rumah, mengalami stres berlebih.

 

Untuk menjaga kedua lansia sehat dalam berumah tangga, perlu keseimbangan dalam pendistribusian tugas rumah tangga di antara pasangan lanjut usia. (ris; Bahan dari : Agregasi Hello  Sehat dan https://lifestyle.okezone.com/read/2018/03/01/481/1866299/hasil-penelitian-lansia-yang-rajin-beres-beres-rumah-lebih-bahagia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close