Selingan

Memilih Kurma Berkualitas Menurut Ahli Gizi

(m.republika.co.id)-JAKARTA; Mengkonsumsi buah kurma mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi untuk mendapat khasiat buah asal Timur Tengah itu harus diawali pilih kurma yang berkualitas.

 

Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Ahmad Sulaeman mengatakan ada hal2 yang harus diperhatikan saat beli kurma. “Hampir semua jenis kurma berkhasiat, apa saja jenisnya, khasiatnya hampir2 mirip, yang penting itu kesegarannya,” kata Ahmad.

 

Saat  beli kurma pastikan yang dibeli kondisinya segar dan baru. Jangan beli kurma yang lama tersimpan. Beberapa pedagang ada yang biasa menyetok kurma dan disimpan lama. Ini dilakukan pedagang guna memanfaatkan harga beli yang rendah kemudian menjual pada momen tertentu saat harganya tinggi.

 

Kualitas kurma akan rusak jika penyimpanan tidak memperhatikan faktor kebersihan lingkungan. Menyimpan di kamar tanpa pengemasan yang baik menyebabkan kurma berkutu. “Pengemasan dan penyimpanan penting,” katanya. Beli kurma yang bagus dilihat dari tanda kurma terlihat mengkilap dan tak terlalu kering. Yang baik terlihat semi basah dengan kadar air 21%.

 

Kurma bagus atau baru akan ada cairan menyerupai dodol. Kurma bagus kelihatan basah, saat dibuka strukturnya elastis, lembut ketika digigit, dan rasa enak. Pilih kurma juga bisa dicium dari aroma khas. Kurma baru tercium aroma segarnya, tidak bercampur aroma lain atau aroma sudah lama tersimpan. “Pastikan kurmanya tidak ada kutu,” kata dia.

 

Menurut Ahmad, kandungan gula di kurma yang tinggi membuat kurma mudah ditempeli debu dan pasir. Karena itu perhatikan tempat penyimpanannya agar tidak ada kotoran menempel. Dianjurkan agar membeli kurma dalam kemasan tetapi harus diperhatikan tanggal kadaluarsa. Jangan membeli stok lama. “Beli kurma yang segar2,” katanya.

 

Agar kurma yang dibeli tetap bagus kualitasnya perhatikan suhu kamar penyimpanan. Lama waktu penyimpanan yang baik dengan suhu kamar hanya sebulan. Kurma yang disimpan di ruang bersuhu sejuk harus dibungkus dalam plastik berklip atau dalam kontainer plastik yang kedap udara.

 

Penyimpanan lebih lama dapat dilakukan di kontainer plastik yang diletakkan di kulkas atau freezer di bagian paling bawah. Masa penyimpanan ini bisa bertahan 3 bulan. “Kurma yang disimpan di freezer sebelum dikonsumsi didiamkan dulu selama tiga jam baru bisa dimakan,” kata Ahmad.

 

(Red : Christiyaningsih; Bahan dari : Antara dan https://m.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/pr4bdf459/tips-memilih-kurma-berkualitas-menurut-ahli-gizi#fb-root)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close