RSS Feed     Twitter     Facebook

Menu Buka Puasa Dan Sahur Penuh Nutrisi Anjuran Dokter

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Menu Buka Puasa Dan Sahur Penuh Nutrisi Anjuran Dokter

(lifestyle.bisnis.com)-JAKARTA; Selama berpuasa, kita harus menahan makan-minum selama 13-14 jam sehari. Tapi, bukan berarti kebutuhan nutrisi tidak dapat dipenuhi dengan baik. Justru, selama berpuasa tubuh tetap harus sehat karena asupan nutrisi yang dicukupi saat sahur dan berbuka.

 

Dokter spesialis gizi dari RSPI-Pondok Indah Jakarta Juwalita Surapsari mengatakan kebutuhan nutrisi harus lengkap sesuai panduan diet gizi sehat seimbang yakni terpenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan kalori tiap orang. Panduan praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa menurut anjuran dokter, sebagai berikut.

 

1-Bangun pagi minum susu hangat / air putih

Pada saat bangun pagi pertama kali, silakan minum air putih atau susu hangat.

 

2-Sahur dengan makanan lengkap dan bergizi

Agar kadar gula darah tetap stabil dan tidak cepat turun saat berpuasa, agar makan sahur dilakukan mendekati jam imsak. Silakan makan2an tinggi serat karena lebih berefek kenyang lebih lama karena gula dilepas lebih perlahan di tubuh. Makanan sebaiknya mengandung protein dan sedikit lemak.

 

3-Batasi makanan manis saat berbuka

Boleh saja mengonsumsi makanan manis, tapi pilih makanan yang mengandung gula tetapi tinggi serat seperti kurma. Lebih baik kalau mengonsumsi makanan yeng mengandung protein seperti bubur kacang hijau. Batasi makanan yang indeks glikemik tinggi seperti makanan yang mengandung gula tambahan.

 

4-Makan malam dengan menu lengkap

Saat makan malam, komposisinya harus lengkap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan kalori harian. Makan malam setelah berbuka puasa silakan mengonsumsi kebutuhan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang mengandung serat seperti sayur, buah, umbi-umbian, nasi cokelat, nasi merah, dan lain-lain.

 

(Tika Anggreni Purba; Editor : Akhirtul Anwar; Bahan dari : https://lifestyle.bisnis.com/read/20190507/106/919362/menu-buka-puasa-dan-sahur-penuh-nutrisi-anjuran-dokter)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code