Kesehatan

Tiga Zat Gizi Mikronutrien Hindari Lemas Puasa

(republika.co.id)-JAKARTA; Saat puasa, asupan nutrisi berkurang dan aktivitas fisik terus berjalan. Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, selain gizi seimbang, dokter menyarankan konsumsi suplemen yang mengandung mikronutrien.

 

Apa saja mikronutrien yang dibutuhkan tubuh saat puasa? Medical Advisor of PT Bayer Indonesia, dr Suci Sutinah Diah Suksmasari menjelaskan 3 zat gizi mikronutrien yang wajib dikonsumsi saat puasa. Yaitu vitamin C, vitamin D dan zinc.

 

Vitamin C berperan sebagai antioksidan menangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan perlindungan dari dalam tubuh. Selain itu vitamin C membangun sistem kekebalan tubuh danĀ  mengatasi rasa lelah.

 

Vitamin C juga membantu memproduksi kolagen atau jaringan yang menjaga kesatuan tulang dan otot. Manfaat vit-C lainnya, membantu penyerapan zat besi dan folat, mempercepat proses penyembuhan tubuh.

 

Zinc bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Juga membantu kemampuan indera perasa dan penciuman. Zinc juga membantu proses penyembuhan luka. “Bila dikombinasikan mineral zinc turut membantu mempercepat kerja vitamin C,” ujarnya.

 

Vitamin D, membantu mengaktivasi dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Berperan mempengaruhi sistem kekebalan adaptif dan sistem kekebalan bawaan. Bukan hanya itu vitamin D juga membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel.

 

Dokter Suci menjelaskan sistem kekebalan tubuh ada tiga lapis. Vitamin C itu ibarat batu bata, zinc semen dan vitamin D merupakan lapisan yang melapisi sehingga antibocor.

 

“Vitamin C antioksidan, zinc itu pendorong membantu menyerap vitamin C dan zinc secara sempurna. Kinerja zinc dan vitamin C lebih cepat karena vitamin D. Sel imun aktivasi lebih cepat,” tambahnya. (Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/ramadhan/tips-puasa/pr7g46328/tiga-zat-gizi-mikronutrien-hindari-lemas-puasa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close