Islam

Tips Khatam Alquran Sebulan Ramadhan

(muslim.okezone.com)-MEMBACA dan khatam Alquran, salah salah satu anjuran bagi umat islam. Apalagi di bulan Ramadan waktu kitab suci itu diturunkan. Selain berpahala dan banyak keberkahan, membaca Alquran masih banyak keutamaannya. Allah SWT berfirman:

 

“Orang2 yang selalu baca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan pada mereka dengan diam2 dan terang2an, mereka itu mengharap perniagaan yang tak merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah ke mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30).

 

Banyak orang sibuk dengan pekerjaan atau urusan duniawi lain. Lalu bagaimana cara agar khatam Alquran sebulan bagi orang yang sibuk pekerjaan selama Ramadan? Okezone mewawancarai Ustadz Reza, alumnus pondok pesantren Darutauhid untuk dapat tips khatam Alquran selama Ramadan walau banyak kesibukan yang dijalani.

 

“Menurut saya ada cara2 yang bisa dijalani, misal baca Alquran setelah salat dan sebelum salat 5 waktu. Alquran berisi 30 Juz sedang per juznya memiliki 20 halaman atau 10 lembar. Buat target baca sehabis salat 2 halaman (1 Lbr) dan sesudah salat 1 lbr. Sehari bisa selesai 1 juz, jadi sebulan bisa khatam Alquran-nya” ujar Ustadz Reza.

 

Tips ini ampuh agar bisa khatam Alquran selama Ramadan. “Adapun cara lain, yang punya  Alquran kecil yang bisa dibawa ke mana2, bacalah ketika jam istirahat kerja atau tidak dalam kesibukan pekerjaan. Walau agak lama tapi tidak ada batasan waktu mengkhatamkan Alquran.”

Keutamaan baca Alquran di bulan Ramadan banyak, di antaranya:

 

1-Orang yang membaca Alquran akan ditingkatkan derajatnya

Rasullulah bersabda: “Akan dikatakan pada pembaca Alquran “Bacalah dan naiklah (ke derajat yang tinggi), serta tartilkan sebagaimana kamu mentartilkannya ketika di dunia, karena kedudukanmu pada akhir ayat yang kamu baca.” (Hasan shahih, HR. Tirmidzi).

 

2-Dicintai Allah dan Rasul Nya

Ibnu Mas’ud pernah berkata, “Siapa yang ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikan : “Jika ia mencintai Alquran, berarti ia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Thabraniy dengan isnad, di mana para perawinya tsiqah)

 

3-Membaca Alquran akan mendapat Syafaat di hari Kiamat

Rasul bersabda: “Bacalah Alquran, karena ia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

 

4-Membaca 1 huruf Alquran dengan melakukan 10 kebaikan

“Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan dapat satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipat gandakan jadi sepuluh. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

 

5-Orang yang membaaca Alquran sama seperti bersedekah

“Orang yang membaca Alquran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, dan orang yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat Shahihul Jaami’: 3105)

 

Orang islam pasti tahu, salah satu ibadah yang harus dijalankan dan paling agung itu baca Alquran. Tidak akan merugi didunia maupun diakhirat bagi orang yang membaca Alquran. Wallahu A’lam. (ful; Gurais Alhaddad; Bahan dari :  https://muslim.okezone.com/read/2019/05/05/616/2051837/tips-khatam-alquran-sebulan-selama-ramadan?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close