Islam

Waktu Tidur Rasul SAW Di Malam Ramadan

(muslim.okezone.com)-ALLAH SWT menciptakan siang untuk hambanya bekerja dan malam untuk beristirahat. Seperti firman Nya : “..Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan” (QS.An-Naba’:11).

 

“  Karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al-Qashash: 73).

 

Tapi bagaimanakah Rasulullah menggisi waktu pada malam Ramadan dan kapan waktu tidur beliau di malam Ramadan. Okezone mewawancarai Ustadz Kiki Al Haddad untuk menjawab pertanyaan ini.

 

“Di malam hari Rasul mengisi malam hari dengan ibadah2 sunnah bentuk rasa kecintaannya kepada Allah Swt. Dalam riwayat, Abdullah bin Abbas RA mengatakan, Rasul SAW pada tiap malam Ramadan, senantiasa didatangi malaikat Jibril AS, untuk mempelajari Alquran…(HR. Bukhari),” ucap Ustadz Kiki Al Haddad.

 

Ketika ditanya mengenai waktu tidur Rasulullah saat malam Ramadan Ustadz Kiki menjawab: “Di bulan Ramadan Rasul malah kurang tidur karena baginda Nabi selalu ingin terus beribadah.

 

Dalam riwayat seorang sahabat mendapati Rasul SAW terlalu lama berdiri untuk salat malam, sahabat itu berkata pada Rasul, “Wahai Rasulul, untuk apa semua ini? Bukankah, Allah mengampuni dosa2mu yang telah lalu mdan yang akan datang? Jawab Rasul SAW, “Tidak bolehkah aku jadi hamba Allah Yang Bersyukur”. (Muttafaq Alaih)

 

Usai mendapat penjelasan mengenai waktu tidur Rasulullah di malam2 bulan Ramadan, berikut ulasan ahli kesehatan dokter Ali Achmad tentang jam tidur ideal.

 

“Waktu istirahat ideal selama berpuasa itu ada pada malam hari setelah salat terawih usahakan istirahat setelah itu, bila ingin salat malam silahkan tetapi usahakan setelah subuh ambil lagi sedikit tidur agar waktu istirahat cukup dan bersemangat untuk beraktifitas”.

 

“Apabila bekerja sempatkan curi waktu tidur walau sebentar. Tidur siang 20-30 menit saja lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kembali produktif,” kata dr Ali Achmad. (ful; Gurais Alhaddad; Bahan dari :  https://muslim.okezone.com/read/2019/05/05/616/2051832/waktu-tidur-rasulullah-di-malam-bulan-ramadan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close