RSS Feed     Twitter     Facebook

Yuk Kenali Bukit Soeharto Calon Ibu Kota Baru

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 10 views    Font size:
Yuk Kenali Bukit Soeharto Calon Ibu Kota Baru

(idntimes.com)-JAKARTA; Presiden RI bertolak ke Pulau Kalimantan meninjau kawasan calon ibu kota baru. Berdasarkan unggahannya di Instagram, Beliau bertolak pada Selasa (7/5).

 

“Meninggalkan Jakarta pagi  ke Kalimantan. Saya hendak meninjau lokasi2 yang jadi alternatif ibu kota negara yang baru,” tulisnya dalam akun Instagram-nya, @jokowi. Beliau mengunjungi Bukit Soeharto salah satu lokasi yang diusulkan Gubernur Kaltim, Isran Noor sebagai lokasi ibu kota yang baru.

 

1-Ada sejak Pemerintahan Soeharto

Bukit Soeharto atau dikenal sebagai Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto ditetapkan sebagai kawasan konservasi sejak 1991. Kala itu Indonesia berada di bawah kepemimpinan Soeharto. Kawasan ini seluas 61.850 hektare. Bukit Soeharto ini pada 2004 resmi menjadi Taman Hutan Raya.

 

  1. Dibuat untuk lindungi alam dan koleksi flora dan fauna

Bukit Soeharto berlokasi di Kab-Kutai Kartanegara dan Kab-Penajam Paser Utara. Jaraknya 45 menit perjalanan dari kota Balikpapan atau 1,5 jam dari kota Samarinda. Bukit ini melindungi alam dan koleksi flora dan fauna untuk kepentingan penelitian, pendidikan, pariwisata dan rekreasi. Kawasan ini pernah dijadikan kawasan contoh pengelolaan hutan di Indonesia oleh Soeharto.

 

3-Banyak menyimpan kisah horror

Dilansir berbagai sumber, kawasan calon ibu kota ini menyimpan kisah horor. Menurut beberapa pihak, kawasan ini dekat dengan kisah kelam masa pemerintahan Soeharto. Area hutan disebut sempat jadi tempat pembuangan mayat korban dari penembakan misterius. Wah, benar tidak ya?

 

4-Kaltim siap menjadi Ibu Kota

Menurut Ptresiden Kaltim siap menyuguhkan ibu kota yang baru. Kelengkapan infrastruktur pendukung mulai dari jalan tol, bandar udara, hingga pelabuhan sudah ada. “Pemindahan dan penyiapan ibu kota baru tidak hanya soal kesiapan infrastruktur saja,” kata beliau pada unggahannya di Instagram.

 

“Banyak aspek lain yang masih harus dikaji dan dikonsultasikan. Soal politiknya, lingkungan dan kebutuhan airnya, lalu soal kebencanaan, dan lain-lain,” tambah dia. (Margith Juita Damanik; Bahan dari : https://www.idntimes.com/news/indonesia/margith-juita-damanik/fakta-bukit-soeharto-calon-ibu-kota-baru-indonesia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code