Iptek dan Lingk. Hidup

13 Fitur Baru Whatsapp Dan Keunikannya

(batamnews.co.id)-JAKARTA; WhatsApp terus mengembangkan fitur baru di antaranya mode gelap dan kehadiran iklan di bagian status. Fitur2 itu ada yang terkonfirmasi dan yang masih berbentuk bocoran setelah ketahuan dalam fase uji coba atau tes. Berikut ke-13 fitur itu dirangkum dari IndianExpress.com

 

1-Iklan WhatApp di Status

Facebook mengonfirmasi iklan bakal masuk WA pada 2020, di bagian WA stories sebagaimana iklan juga muncul di Instagram Stories. Iklan itu  terindikasi jadi penghasil uang utama layanan pesan instan ini.

 

2-Dark mode

Sudah beberapa waktu WA menggarap mode gelap buat Android dan iOS. Dari laporan  WABetaInfo, ada kemungkinan dark mode akan segera disebar buat para pengguna Android.

 

3-Share status WA ke Facebook story

Ada laporan WA menguji kemungkinan ditambah Status WA ke FB Story dalam update beta buat Android. Nantinya ada tombol baru ‘Add to Facebook Story’ agar pengguna bisa posting status WA ke FB Story.

 

4-Share kontak via kode QR

Fitur ‘share contact via QR Code’ ini terpantau masuk ke versi beta. Lewat fitur ini, pengguna WA dapat menghasilkan kode QR berisi rincian kontaknya. Kode itu lalu dapat dibagi berbentuk terenkripsi, mirip fitur serupa di Instagram.

 

5-Browsing dalam aplikaso (In app browsing)

Kembali menurut WA BetaInfo, fitur ini memungkinkan tautan (link) yang ada dalam chat WhatsApp akan langsung bisa dibuka dalam aplikasi itu sendiri, alih-alih terbuka oada browser default smartphone.

 

6-Penelusuran gambar (reverse Image Search)

Lewat fitur ini, pengguna yang menerima gambar bisa lebih jauh menelusuri keotentikannya dengan meng-upload ke Google (search by image). Browser dalam aplikasi WhatsApp, pada poin sebelumnya, lalu akan terbuka memperlihatkan hasil pencarian gambar.

 

7-Pengaturan privasi grup

Pengguna WA tak lagi bisa sembarangan diundang masuk grup karena ada pengaturan terkait undangan masuk grup. Pilihan “nobody” membuat pengguna lebih dulu menerima link undangan dari siapa pun yang mau memasukkannya ke grup.

 

8-Informasi chat yang sering dijadikan pesan terusan

Adanya label mengenai pesan terusan atau forward chat ini jadi cara WA membendung peredaran hoax di platform-nya. Nantinya, chat yang sering di-forward akan dilabeli “frequently forwarded message”.

 

9-Admin grup batasi chat yang sering dijadikan pesan terusan

Seperti namanya, fitur ini membuat admin grup dapat membatasi chat yang sudah kelewat sering di-forward. Ini juga salah satu cara WA meredam sirkulasi hoax.

 

10-Katalog WhatApp business

Di konferensi FB F8, diumumkan WA akan punya fitur katalog bisnis baru, yang dapat diakses lewat aplikasi WA business. Dalam acara FB Marketing Summit, diumumkan katalog produk WhatsApp akan diintegrasikan dengan katalog Facebook Business Manager yang sudah ada.

 

11-Otentifikasi sidik jari dan block screenshot pada chat

Saat ini otentikasi sidik jari disebar WA ke iOS dan tengah menguji fitur serupa pada Android. Secara bersamaan, WA juga menguji fitur lain yang bisa memblok pengguna melakukan tangkapan layar (screenshot) saat otentikasi sidik jari aktif.

 

12-Doodle UI dan smoji baru di status

WA memperkenalkan Doodle UI ke aplikasinya untuk membagikan media. Stiker akan dikelompokkan menurut “favorit” dan “kategori” sehingga pengguna mudah mencari stiker yang diinginkan. Ada pula fitur pencarian stiker. Antarmuka ini membuat pengguna bisa menaruh stiker di atas foto, video, dan GIF. WA juga sedang menguji emoji baru status. Emoji itu akan menggantikan emoji yang ada.

 

13-Review stiker di notifikasi

Lewat fitur “Sticker Notification Preview”, pengguna WA tak mesti lagi membuka layar chat untuk melihat kiriman stiker buat dirinya. Stiker itu bisa diintip lewat notifikasi seperti pesan teks dan emoji. Saat ini layar notifikasi memperlihatkan tulisan stiker di notifikasi saat mendapat kiriman stiker di chat maupun grup.

 

(* Editor : Rhuuzi Wiranata; (Bahan dari : detik.com dan https://www.batamnews.co.id/berita-48664-berikut-13-calon-fitur-baru-whatsapp-apa-saja-keunikannya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close