Kesehatan

Banyak Manfaat Bayam Hijau Untuk Kesehatan

(beritasatu.com)-JAKARTA; Bayam dapat memberikan tenaga pada tubuh, dan  juga baik bagi kesehatan mata, mengurangi tekanan darah dan banyak manfaat lain.

 

1-Bermanfaat untuk penglihatan

Kandungan beta-karoten, lutein dan xanthene pada bayam sangat baik untuk penglihatan. Beta-karoten jadi alasan mengapa sayuran ini sehat untuk mata. Dengan makan bayam rutin, vitamin A akan selalu tercukupi DNA.

 

Mengonsumsi bayam bisa mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata dan gangguan lain pada mata. Kandungan xanthene dan lutein pada bayam berperan sebagai antioksidan dapat mencegah terjadinya radikal bebas yang bisa menyebabkan katarak pada mata.

 

2-Mencegah Kanker

Bayam dapat mencegah timbulnya kanker. Kandungan klorofil pada bayam efektif menahan efek karsinogenik dari amina heterosilik seperti yang ditampilkan melalui percobaan hewan. Bayam membantu memperlambat pertumbuhan sel tumor. Hal itu terbukti melalui penelitian yang melibatkan seorang wanita yang memiliki tumor di serviksnya.

 

3-Dapat memperkuat otot

Jika waktu kecil Anda sering melihat kartun Popeye memiliki otot yang kekar pada tubuhnya, karena makan bayam, ternyata fakta.

 

Bayam berperan penting dalam mengencangkan otot tubuh terutama otot jantung. Faktor koenzim Q-10 (C0-Q10) berperan sebagai antioksidan yang membantu memompa darah ke seluruh tubuh karena otot yang lebih kuat. Selain itu, koenzim pada bayam mampu mencegah risiko penyakit gagal jantung, hipertensi dan jantung koroner.

 

4-Mengelola Diabetres

Antioksidan atau asam alfa-lipoat yang terkandung pada bayam dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif.

 

Kandungan asam alfa-lipoat bisa menurunkan risiko neuropati perifier dan otonom pada penyandang diabetes. Dalam studi kasus belum terungkap jelas asam alfa-lipoat dalam bentuk pil atau tablet akan sama efeknya dengan injeksi, namun tidak menutup kemungkinan bagi penyandang diabetes agar tetap mengonsumsi bayam agar terhindar komplikasi.

 

5-Baik untuk ibu hamil

Bayam berpengaruh besar bagi janin di perut ibu hamil. Kandungan folat pada bayam dibutuhkan sang calon bayi karena dapat mengembangkan sistem saraf, sehingga dapat menutup kemungkinan terjadinya cacat pada mulut seperti sumbing.

 

6-Menjaga tekanan darah

Makan bayam dapat jadi salah satu alternatif menjaga tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Kandungan potasium dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, risiko terkena hipertensi berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah.

 

Tekanan darah yang terjaga baik dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, sehingga, tubuh dapat oksigen dengan baik. Wah, ternyata banyak sekali manfaat bayam bagi tubuh. Mulai hari ini, yuk lebih banyak makan bayam. (Winda Ayu Larasati; WIN; Bahan dari :  Hello Sehat, MSN.com dan https://www.beritasatu.com/kesehatan/559182/segudang-manfaat-bayam-hijau-bagi-kesehatan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close