Iptek dan Lingk. Hidup

Hindari Plastik Ini Lima Sedotan Ramah Lingkungan

(batamnews.co.id)-JAKARTA; Sedotan ini bukan dari bahan plastik. Jenis sedotan ramah lingkungan ini bisa Anda miliki di rumah atau dibawa kemana saja. Plastik, masalah utama di dunia, juga Indonesia. Banyak negara yang menggunakan plastik dan sampahnya tidak dapat terurai puluhan tahun.

 

Agar tak semakin parah. Banyak masyarakat yang mengurangi penggunaan plastik. Mulai dari membawa tas belanja sampai mengganti sedotan yang bisa dipakai berkali-kali.

 

1-Stainless Steel

Sedotan yang satu ini dibuat dari stainless steel anti karat. Sedotan jenis ini lebih awet dan tahan lama. Bisa digunakan berulang kali dan mudah dibersihkan. Sedotan ini berbentuk melengkung di bagian atas. Dan dikemas dengan kemasan kain yang juga ramah lingkungan.

 

2-Sedotan Bambu

Selain stainless steel, ada juga sedotan hingga peralatan makan lain yang dibuat dengan bahan bambu. Selain ramah lingkungan, bambu juga dibuat tanpa tambahan zat kimia.

 

3-Akrilik

Sedotan berbahan akrilik bisa dicoba. Dibuat berwarna-warni cantik, sedotan mudah digunakan dan dibersihkan. Hanya jangan sampai sering terbentur karena akrilik mudah retak dan jangan sampai jatuh. Sedotan ini tidak bisa dipakai dalam  waktu yang lama karena warnanya akan berubah kusam.

 

4-Kertas

Sudah lama ada, sedotan kertas jadi alternatif terpopuler di banyak Negara, mengganti sedotan plastik. Selain mudah terurai, sedotan kertas juga memiliki motif dan warna yang lebih beragam. Kekurangannya adalah jangan dicelupkan ke dalam air terlalu lama karena mudah rusak.

 

 5-Silikon

Karena berbahan dasar silikon, sedotan ini punya tekstur yang elastis. Sedotan mudah diputar dan diarahkan ke berbagai sisi. Bahkan sedotan silikon memiliki ukuran yang besar sehingga dapat dinikmati untuk menyeruput minuman yang mengandung jelly.

 

Bahan silikon juga terbilang aman bisa digunakan untuk minuman hangat atau dingin. (Editor : Muhammad Ikhlas; Bahan dari : detik.com dan https://www.batamnews.co.id/berita-46900-hindari-plastik-ini-5-sedotan-ramah-lingkungan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close