Kesehatan

Ingat Wajah-Lupa Nama Penyakit-Kah

(lifestyle.okezone.com)-PERNAHKAH Anda sulit mengingat nama orang, meski bisa menggambarkan wajah orang itu? “Itu siapa namanya? Yang hidungnya mancung itu….” Anda mungkin melontarkan pertanyaan ini ketika berusaha mengingat seseorang yang lama tidak Anda temui.

 

Anda ingat wajah, tapi tidak dengan namanya. Apa yang membuat Anda lupa nama orang, tapi ingat bentuk  wajah dengan baik? Saat acara reuni, Anda pasti mengingat wajah2 teman Anda doeloe. Anda akan mengamati perubahan fisik yang terjadi. Sayangnya, sebagian besar dari Anda mungkin tidak lagi mengingat namanya baik.

 

Apa penyebab Anda lupa nama orang, tapi mampu mengingat wajahnya? Perlu diketahui fenomena ini erat kaitannya dengan otak. Otak memiliki fungsi kompleks, salah satunya mengatur memori.

 

Di otak ada bagian khusus yang bertugas mengenali wajah. Bagian otak ini disebut fusiform face area. Letaknya di lobus temporal, di belakang telinga. Otak tidak memiliki bagian yang khusus mengingat nama. Otak hanya memiliki bagian yang diperuntukkan mengingat kata2. Nama contoh dari kata khusus, bukan kata2 yang biasanya digunakan menyusun kalimat.

 

Adanya bagian otak khusus inilah yang memungkinkan seseorang lebih mengingat wajah tapi sering lupa dengan nama orang. Sebab, ketika mengingat nama dengan wajah secara bersamaan, otak memiliki tugas yang berbeda.

 

Untuk mengingat wajah, otak dapat lebih banyak tugas, seperti melihat, mengenali, mengamati, dan menyimpan sebagai memori. Untuk mengingat nama, otak diperintah mendengar dan menyimpan. Tak perlu melibatkan pengamatan. Sering tidak ingat nama orang, tidak mengkhawatirkan.

 

Namun, ini bisa membuat Anda jadi tidak enak hati jika diharuskan menyapa atau mengobrol dengan orang itu. Anda tentu malu bukan jika harus menanyakan namanya lagi dan lagi? Nah, agar tidak hanya ingat wajah tapi sering lupa nama orang lain, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

 

1-Mencoba untuk mengulangi namanya

Saat berkenalan dengan orang baru, cobalah mengulangi namanya. Anda mungkin bisa menyebutkan ulang namanya, seperti “Oh, hai, Saras.”  Cara ini ampuh untuk mengingat nama orang daripada hanya diam atau mengiyakan.

 

2-Kaitkan namanya dengan hal lain yang menarik

Setelah mengulangi namanya, lanjut agar Anda tidak lupa cobalah mengaitkan namanya dengan hal lain yang menarik atau terkenal. Misalnya, “Wah, superheronya generasi 90-an, ya?” Selain memberi tugas pada otak mengingat nama itu berkali-kali, percakapan seperti ini bisa membantu mencairkan suasana.

 

Tapi, ada yang kesulitan mengingat wajah ketimbang nama. Beberapa orang lebih sulit mengenali wajah orang lain. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah prosopagnosia.

 

Tak ingat wajah membuat seseorang sulit mengenali wajah yang sudah dikenal. Pada kasus yang parah bisa menyebabkan penderitanya tidak mengenali wajahnya sendiri. Kondisi ini akibat kelainan atau kerusakan otak bagian fusiform face area atau pada bagian otak yang berfungsi untuk mengenali wajah.

 

Adanya kelainan atau kerusakan itu karena stroke, cedera otak traumatis, penyakit yang menyerang otak, dan kelainan genetik yang membuat pertumbuhan otak jadi tidak sempurna. (mrt; Bahan dari : Agregasi Hellosehat.com dan https://lifestyle.okezone.com/read/2019/06/09/612/2064629/ingat-wajah-tapi-lupa-nama-penyakit-kah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close