Wisata dan Kuliner

Kalau Ke Kebumen Cicipilah Nasi Penggel

(jateng.tribunnews.com)-KEBUMEN; Tiap daerah punya makanan khas yang bercita rasa tersendiri. Keunikan dari nama menu, atau cara penyajian, bahan makanan juga jadi pembeda.

 

Misal Kebumen, punya kuliner khas : Nasi Penggel. Ini salah satu kuliner khas Kebumen yang mudah dijumpai di pinggir jalan dan pusat kota. Makanan khas ini hanya ada pagi hari karena lebih pas dan nikmat untuk sarapan. Sebut warung Nasi Penggel Pak Suratman.

 

Warung ini usaha turun temurun dari sang Ibunda sejak 1960an. Suratman (70) meneruskan usaha nasi penggel sejak 2010.

 

Nasi Penggel Pak Suratman di Jl. Raya Pejagoan Kebumen sehingga mudah dijangkau pengunjung. Lokasi ini dapat dijangkau dari Pusat Kota Kebumen dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Karena lokasinya berada di pinggir jalan raya, maka lahan parkir kendaraan terbatas.

 

Kuliner ini disebut Nasi Penggel karena cara penyajian nasinya yang dipenggel (dibuat-bulat2 kecil).Nasi penggel biasa disajikan bersama sayur gori (nangka muda), daun singkong, sayur tempe dan tahu, kikil, babat dan mendoan hangat.

 

“Ciri khas lain dari nasi ini disajikan dengan daun pisang yang ditakir atau dipincuk. Karena daun pisang rawan sobek, saya gunakan piring yang dilapisi daun pisang agar lebih mudah disajikan dan tetap menjaga ciri khas Nasi Penggel” kata Suratman ke mahasiswa UIN Walisongo magang jurnalistik di Tribun Jateng.

 

Dia mengatakan, usahanya punyi cabang di alun-alun Kebumen dan dibantu 5 orang karyawan. Dalam membuat Nasi Penggel dibantu sang istri. Selain memasak, Suratman juga mengontrol warungnya setiap hari. Warung Makan Nasi Penggel ini buka tiap hari pukul 05.00-09.00. Satu porsi Nasi Penggel komplit p 15 ribu. Pengunjung bisa memilih lauk sebagai pendamping nasi sesuai selera.

 

Sekadar informasi, posisi Kebumen berada di jalur selatan Pulau Jawa. Berbatasan dengan Banjarnegara di sebelah Utara, Samudera Hindia di sebelah Selatan, Banyumas dan Cilacap di sebelah Barat, serta  Purworejo dan Wonosobo di sebelah Timur. Selian Nasi Penggel, Kebumen juga punya kuliner khas : Lanting, yutuk goreng, sate ambal, dan Nasi Penggel.

(Artikel ini telah tayang di jateng.tribunnews.com dengan judul Jika ke Kebumen Jangan Lupa Cicipi Nasi Penggel, Editor: iswidodo ; Bahan dari : jateng.tribun dan http://jateng.tribunnews.com/2019/01/28/jika-ke-kebumen-jangan-lupa-cicipi-nasi-penggel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close