Islam

Keutamaan Bayar Zakat

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Membayar Zakat merupakan rukun Islam ke-4. Artinya, setiap Muslim wajib bayar zakat. Karena wajib, tiap orang yang menunaikan zakat akan mendapatkan pahala, dan yang tidak melaksanakannya akan dihitung sebagai dosa.

Allah menjanjikan banyak keutamaan bagi orang yang membayar zakat. Terdapat dua jenis zakat yang wajib ditunaikan yakni zakat fitrah menjelang Idulfitri dan zakat maal atau harta.

Berikut keutamaan yang dijanjikan Allah kepada setiap orang yang membayar zakat.

 

1-Menyempurnakan agama

Zakat termasuk dalam bagian dari rukun Islam. Sehingga apabila dilakukan, maka agama seorang Muslim akan menjadi sempurna

2-Masuk surga

Dalam Alquran surat An Nisa ayat 162, Allah menjanjikan pahala besar berupa masuk surga bagi orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan beriman kepada Allah SWT dan hari akhir.

“Akan mendapatkan pahala yang besar, itu janji Allah,” kata ahli agama Islam Syafiq Hasyim kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

 

3-Ampunan

Dalam Alquran surat Al Maidah ayat 12, Allah berjanji mengampuni dosa-dosa orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, beriman kepada rasul, dan meminjamkan pinjaman yang baik. Disebutkan juga pada ayat tersebut, mereka akan dimasukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai.

 

4-Petunjuk dan hidayah

Dalam Alquran surat At Taubah ayat 18, Allah menyebut orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapa pun selain Allah, termasuk golongan orang yang mendapat petunjuk. Petunjuk itu juga bisa merupakan hidayah dari Allah.

 

5-Menambah harta

Saat mengeluarkan sebagian harta untuk membayar zakat, Allah menyambut amalan itu dengan tidak akan mengurangi harta. Justru, harta yang dimiliki akan berkembang dan penuh berkah.

Dalam hadis riwayat Muslim disebut, sedekah termasuk zakat tidak akan mengurangi harta. “Ini untuk menyucikan harta yang dimiliki secara keseluruhan,” kata Syafiq. (ptj; asr; Tim CNN Indonesia  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190527115304-282-398676/5-keutamaan-membayar-zakat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close