Wisata dan Kuliner

153 Kapal Pesiar Akan Singgah Ke Pelabuhan Pelindo-3

(ekonomi.bisnis.com)- JAKARTA; Pelindo III  mencatat 153 rencana kedatangan kapal pesiar tahun 2019 ke sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh perseroan. Jika terwujud, jumlah cruise call meningkat dari realisasi kunjungan tahun-2018.

 

 

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto mengatakan Pelabuhan Benoa, Bali, jadi tujuan utama dari kedatangan kapal pesiar dengan 75 rencana kunjungan.  Berikutnya, 17 kapal akan datang ke Pelabuhan Lembar, NTB; 16 kapal ke Pelabuhan Tanjung Emas, Jateng; 16 kapal ke Pelabuhan Tanjung Perak, Jatim.

 

Selanjunya 12 kapal ke Pelabuhan Probolinggo; 6 kapal ke Pelabuhan Celukan Bawang, Bali; 3 kapal ke Pelabuhan Kalabahi, NTB; 3 kapal ke Pelabuhan Badas, NTB; 2 kapal ke Pelabuhan Ende, NTT; 1 kapal ke Pelabuhan Banyuwangi, 1 kapal ke Pelabuhan Maumere, NTT; dan 1 kapal ke Pelabuhan Kupang, NTT.

 

“Jumlah itu dapat berubah, bisa bertambah atau berkurang,” kata Putut, Minggu (24/2/2019). Sejumlah faktor dapat memengaruhi rencana kedatangan kapal pesiar.  Isu keamanan menjadi faktor utama yang menjadi perhatian operator kapal pesiar.

 

Dia memberi contoh, rencana kedatangan tahun lalu 149 kapal pesiar terealisasi 138 kunjungan. Meski demikian, realisasi cruise call tahun lalu tetap meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 125 kapal.

 

Pelindo III berencana mengundang operator kapal pesiar untuk menunjukkan fasilitas2 penunjang yang disiapkan perseroan, seperti pengembangan Pelabuhan Benoa di Bali dan Terminal Gilimas di Pelabuhan Lembar, NTB.

 

Di Pelabuhan Benoa, BUMN operator pelabuhan itu memperdalam alur pelayaran dari sebelumnya 11 meter di bawah permukaan air (low water spring) jadi 13 meter LWS. Kolam pelabuhan di dermaga timur juga diperdalam dari minus 9 meter LWS jadi minus 12 meter LWS. Kapasitas terminal penumpang ditingkatkan dan diperbaiki.

 

Dengan demikian, kapal pesiar berukuran besar dengan panjang (length overall/LOA) 250 meter yang semula hanya bisa berlabuh di luar pelabuhan, kini dapat bersandar di dermaga.

 

“Ini akan menambah minat kedatangan kapal pesiar karena dari sisi keamanan dan kenyamanan mereka terjamin. Terminal Gilimas juga kurang lebih sama,” kata Putut.

 

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Faruq Hidayat menambahkan peningkatan fasilitas pelabuhan untuk mengantisipasi kunjungan kapal pesiar merupakan upaya Pelindo III mendukung pencapaian target wisatawan mancanegara tahun ini.

 

Dari target 20 juta wisatawan mancanegara, 3 juta di antaranya diharapkan mampu disokong oleh BUMN. Pelindo III telah menjadi anggota tim sinergi BUMN Pariwisata yang dibentuk oleh Kementerian BUMN.

 

“Sedikitnya ada 88.778 wisatawan mancanegara penumpang kapal pesiar yang turun di pelabuhan yang dikelola Pelindo III (2017) dan 125.218 wisman (2018)”. (Sri Mas Sari; Editor : Rustam Agus; Bahan dari : https://ekonomi.bisnis.com/read/20190224/98/892740/153-kapal-pesiar-bakal-mampir-ke-pelabuhan-pelindo-iii)-FatchurR *

 

*** Kehadiran Wisman ini tentunya peluang bagi yang jeli memanfaatkan kehadirannya. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close