Iptek dan Lingk. Hidup

Jeroan Canggih Kereta Cepat Jakarta Bandung

(finance.detik.com)-JAKARTA; PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan jenis kereta yang digunakan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Jkt-Bdg) pada 2021. Jenis keretanya CR400AF.

CR400AF itu kereta cepat generasi terbaru hasil pengembangan CRRC Qingdao Sifang, produsen besar kereta cepat di China. Luas pabrik pembuatan kereta berkecepatan tinggi ini mencakup area 248 lapangan sepak bola.

CR400AF menerima pesanan luar negeri pertamanya dari Indonesia pada 2018. Selain kereta berkecepatan tinggi, perusahaan ini merancang dan memproduksi kereta multi-unit diesel, kereta metro, EMU antarkota dan kendaraan metro berdasar pesanan khusus yang dirancang dari negara lain.

 

Kereta CR400AF berbeda dengan tipe yang diproduksi sebelumnya. Mengutip data dari PT KCIC (15/6/19), EMU CR400AF didesain lebih hemat energi, lebih andal, ditambah memiliki masa penggunaan lebih lama. Kereta ini diklaim mampu digunakan lebih dari 30 tahun, dan biaya perawatan lebih rendah.

 

Satu rangkaian kereta CR400AF EMU terdiri dari 8 gerbong kereta. Kecepatannya 350 km per jam. Dengan kecepatan yang tinggi, kereta cepat ini dilengkapi fltur cabin noise yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe sebelumnya, sehingga minim getaran.

CR400AF dilengkapi 2 Lightning Arrester di tiap rangkaiannya. Ini alat pengaman yang melindungi jaringan dan peralatan terhadap tegangan lebih abnormal karena sambaran petir (flash over), sehingga meningkatkan keamanan terhadap sambaran petir terutama disisi peralatan tegangan tinggi.

CR400AF didesain dengan teknologi yang memungkinkan kereta beroperasi di empat iklim, salah satunya iklim tropis dengan kondisi suhu dan kelembaban tinggi seperti di Indonesia. *(EDS/EDS; Trio Hamdani; Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4587289/mengintip-jeroan-canggih-kereta-cepat-jakarta-bandung?tag_from=wpm_widget_foto)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close