Kesehatan

Menjaga Kesehatan Otak Hingga Tua

(1health.id)-Otak, organ tubuh paling penting. Otak jadi pengendali tiap aktivitas yang kita lakukan se-hari2. Seiring waktu, proses penuaan terjadi pada tubuh, termasuk otak, dan berimbas aktivitas kita. Meski proses menua terjadi alamiah, Anda tetap perlu menjaga kesehatan otak sedari dini.

 

Hidup sehat sejak muda, jadi penentu kesehatan otak di masa tua. Tanpa sadar semua investasi yang sudah Anda lakukan sekarang sangat bergantung pada satu hal utama yaitu ketangkasan intelektual Anda. Investasi otak adalah bagaimana tetap menjaga otak Anda tetap sehat dan produktif.

 

Anda juga perlu memastikan kondisi kesehatan otak melalui pemeriksaan. “Dalam konteks proses penuaan di otak, tiap orang saat usia (40), sebaiknya pernah melakukan medical check up atau yang umur lebih muda namun dengan faktor risiko, misalnya obesitas, adanya DM dll”.

 

“Pemeriksaan medical check up , harus komprehensif, termasuk deteksi dini kerusakan otak”, ujar Dr. dr. Yuda Turana, SpS, Dekan Fakultas Kedokteran dan kesehatan UNIKA Atma Jaya, yang ditemui pada press conference di Rumah Sakit Atma Jaya (9/7).

 

Pemeriksaan otak sejak dini ini sebagai bentuk pencegahan kerusakan otak saat lansia. Salah satu pemeriksaan adalah menggunakan tes aroma yang familiar dengan kondisi Indonesia. Bila pasien tidak mampu mengidentikasi jenis aroma (padahal tidak sedang ‘pilek’ atau ada gangguan hidung lain), maka kemungkinan besar, sebagai prediktor prademensia.

 

Berdasar Penelitian Enhancing Diagnostic Accuracy of aMCI in the Elderly : Combination of Olfactory Test, Pupillary Response Test, BDNF Plasma Level and APOE Genotype, 2014, oleh Fakultas kedokteran Atma Jaya dan telah dimuat pada International Journal of Alzheimer Disease 2016, menunjukkan skor rendah pada pemeriksaan saraf penciuman menjadi prediktor prademensia.

 

Dari penelitian diketahui bahwa gangguan saraf penciuman yang tidak disadari, dapat merupakan tanda awal proses penuaan di otak dan menjadi faktor risiko demensia.

 

(Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/lakukan-ini-untuk-menjaga-kesehatan-otak-hingga-tua.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close