RSS Feed     Twitter     Facebook

P2Tel Cabang Bandung Selatan Mulai bergoyang lagi

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 47 views    Font size:
P2Tel Cabang Bandung Selatan Mulai bergoyang lagi

Dengan tujuan hidup sehat dan bisa bersilaturahmi dengan sesama pensiunan. Diantaranya mereka rutin melakukan senam rutin Reboan. Yang diinisiasi sebagai Senam Bandung Lautan Api

 

Kegiatan senam pertama setelah Idul Fitri yang sekaligus digunakan untuk silaturahmi dan halal bi halal (HBH) pada tanggal 19 Juni 2019.

 

Rebo berikutnya kegiatan KS BLA Tegalega dilaksanakan pada hari Rabu 26 Juni 2019 yang diikuti oleh pensiunan yang sempat berjumlah 25 Pensiunan, 25 keluarga dan 13 dari umum.

 

Yuk, kita telaah manfaat senam dari suatu sumber : Sebagian orang beralasan karena tidak punya banyak waktu luang, malas, atau tidak ber-OR karena tidak ada sahabat yang dapat menemaninya. Meskipun kita rajin mengonsumsi makanan bergizi, tanpa dibarengi OR manfaat yang didapatkan tentu saja tidak.

 

Oleh karena itu, ber-OR lah minimal sekali dalam satu minggu supaya tubuh tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku. Senam itu salah satu jenis OR yang punya beragam variasi dan manfaat, bagi fisik,  mental dan social.

 

Manfaat senam bagi fisik

Manfaat Senam, dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Orang yang rutin senam akan berkembang daya tahan otot, kekuatan, power, kelenturan, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan.

 

Jika diimbangi kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system). Dengan ber-OR senam eratur membuat kesehatan dan perkembangan fisik menjadi baik dan seimbang.

 

Manfaat mental dan sosial

Diyakini ada sumbangan besar dari OR senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena senam menyediakan banyak pengalaman orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga membantu membentuk konsep yang posisitf.

 

Manfaat Senam Bagi Kesehatan

Setiap OR baik untuk kesehatan, selama dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Ini berlaku juga untuk senam. Berikut adalah beberapa manfaat senam yang harus kita ketahui.

 

Meningkatkan fungsi jantung

Gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

 

 

Menurunkan berat badan

 

Selain menjalankan program diet sehat seperti membatasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, kita juga bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga. Supaya lebih cepat dalam membakar lemak, sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang banyak menggerakan anggota badan seperti halnya jogging dan juga senam.

 

 

Meningkatkan fungsi kognitif

 

Percaya atau tidak, senam termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk kebagian otak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik, maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Telah banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.

 

 

Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan kadang membuat mereka stres. Bila stres melanda, maka mood dan tingkat kreativitasnya berkurang. Ini karena hormon endorfin yang membuat seseorang merasa lebih senang mulai berkurang.

 

Jadi, perlu aktivitas yang mampu meningkatkan hormon itu. Salah satu aktivitas yang mampu meningkatkan jumlah hormon endorfin adalah senam. Bila dilakukan teratur, maka kondisi stres akan berkurang yang akhirnya mood Anda meningkat.

 

 

Tidak mudah terserang penyakit

Manfaat senam lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tak mudah terserang penyakit. Hal ini terjadi karena toksin2 dalam tubuh akan keluar melalui keringat. Dan, semua organ dalam tubuh akan bekerja secara maksimal.

 

 

Meningkatkan stamina

Bila Anda sering kelehan meski baru sebentar beraktivitas, kemungkinan sistem pernapasan Anda ada gangguan yang disebabkan lemak serta gangguan aliran oksigen dalam darah. Bersenam teratur akan memperbaiki sistem pernapasan supaya berjalan lebih optimal dan akhirnya Anda tak mudah merasa lelah.

 

Meningkatkan kelenturan dan kebugaran

Gerakan2 yang ada pada senam mempunyai sifat ber-ulang2 yang membutuhkan koordinasi tubuh. Bila kita dapat bersenam dengan baik dan benar, akan membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar.

 

Demikian beberapa manfaat senam yang bisa anda dapatkan. Yuk, senam!

 

(Sumber: dr. Erlinda Yani – General Practitioner; RS Columbia Asia – Medan

Jl. Listrik No. 2A, Medan, Sumatera Utara; Telp. +6261 4566 368

https://www.columbiaasia.com/indonesia/health-articles/manfaat-senam-untuk-kesehatan)

(H. Agus Suryana-P2Tel Cabang Bandung Selatan)-FR

 

** Ganbar-1 : Senam Reboan Mg-3 Cabang Bandung Selatan 19-06-19

*** Ganbar-2 : Senam Reboan Mg-4 Cabang Bandung SeSuhada

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code