RSS Feed     Twitter     Facebook

Sehat Tanpa Obat(10)-Mengontrol Hipertensi

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 25 views    Font size:
Sehat Tanpa Obat(10)-Mengontrol Hipertensi

Seperti sering disampaikan di Web ini, Senam (Olah Raga) dan mengontrol asupan makanan itu bagian dari upaya mencegah kita berpenyakit atau minimal bagi penderita Diabetes dan Hipertensi agar penyakitnya tidak berlanjut ke Komplikasi

 

Salah satu yang dikontrol oleh sahabat2 Kader Bina Sehat adalah pengukuran tensi peserta senam di Klub2 di Bandung. Lalu apa upaya kita sebagai penderita untuk aktif ikut mengontrolnya ?. Berikut saya cuplik dari suatu sumber, monggo :

 

(hellosehat.com)- Tekanan darah tinggi alias Hipertensi tidak dapat disembuhkan. Bukan berarti kesehatan Anda terus memburuk. Dengan perawatan dan gaya hidup sehat, Hipertensi bisa dijaga dalam batas normal. Cara sederhana mengontrol Hipertensi, Ada 7 cara utama, yaitu:

 

1-Makan makanan yang lebih sehat

Dengan hipertensi kita harus ekstra hati2 soal garam dan makanan asin. Garam dapat meningkatkan kadar natrium tubuh yang berimbas peningakatan Hipertensi. Akibatnya, terjadilah tensi tinggi. Itu sebabnya, penderita hipertensi disarankan batasi asupan garam.

 

Meski Anda tertatur minum obat hipertensi, pusat riset dan klinik kesehatan asal AS, MayoC tetap menyarankan mengurangi asupan garam. Perbanyaklah makan buah-sayur (kaya serat), vitamin, kalium, antioksidan, dan magnesium. Hasil penelitian : Asupan serat tinggi mampu menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik bagi pengidap hipertensi.

 

2-Berolahraga teratur

Bergerak itu kunci hidup sehat. Hal ini berlaku untuk mengontrol tensi. OR teratur itu cara efektif mengurangi risiko hipertensi dan membantu mengontrol tekanan darah tinggi pada orang yang memang memiliki riwayat penyakit tersebut. (Jangan lupa memanfaatkan fasilitas OR yang ada)

 

Tak perlu OR berintensitas tinggi, Anda bisa beraktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki, naik turun tangga, atau bersih2 rumah. Intinya, buatlah tubuh bergerak tiap hari. Jangan beralasan Anda tidak punya waktu, ya. Olahraga sangat mudah dilakukan, selain yang diselenggarakan Yakes Telkom

 

3-Menjaga berat badan

Obessitas dan kelebihan berat badan erat kaitan dengan t Hipertensi. Menjaga berat badan sehat itu cara sederhana lainnya untuk mengontrol Hipertensi . Dapatkan berat badan ideal dengan berpola makan sehat dan OR teratur.

 

4-Mengelola stres

Penderita hipertensi sering menyepelekan stres, dianggap tak penting. Stres itu cikal bakal melakukan kebiasaan2 tidak sehat yang akhirnya menyebabkan Hipertensi. Stres kerap membuat kalap ketika makan, minum alkohol, merokok, atau begadang. Semua itu ikut berkontribusi terhadap kenaikan tekanan darah Anda.

 

Penting bagi Anda mengelola stres sebaik mungkin. Misalnya mendengarkan musik, curhat, atau meditasi. Dengan begitu, Hipertensi pun akan terkontrol dengan baik.

 

5-Berhenti minum alkohol dan merokok

Merokok picu penyakit2 kronis : Hipertensi, stroke, jantung, dan kanker. Banyak yang tidak peduli  bahaya ini. Bahaya merokok banyak dijumpai di media2, juga dibungkusnya. Bagi perokok aktif, tak mudah berhenti. Mulailah perlahan dan kuatkan tekad berhenti sepenuhnya. Bagi yang tak merokok, jauhi asap rokok, mencegah efek kesehatan akibat jadi perokok pasif.

 

Tak hanya merokok, Anda harus hindari minum2an beralkohol agar tensi berada di rentang yang normal. Jika dikonsumsi berlebihan, alkohol menyebabkan kenaikan tensi dan memperparah gejala hipertensi jika Anda terdiagnosis penyakit ini sebelumnya.

 

6-Minum obat Hipertensi sesuai resep dokter

Penderita hipertensi harus rutin minum obat sesuai resep dokter. Bila itu tak diminum sesuai ketentuan, tekanan darah jadi tak terkendali. Akibatnya, tensi Anda tinggi terus2an. Orang dengan tensi tinggi harus minum obat agar tensinya tak melonjak drastis. Jangan berhenti atau mengganti obat tensi tanpa berkonsultasi dengan dokter. Meski Anda merasa lebih baik atau sehat.

 

7-Rutin cek tekanan darah

Selain cara2 di atas, cek tensi teratur itu kunci mengontrol hipertensi. Dengan memantau tensi rutin, maka Anda bisa melakukan pencegahan ketika tensi terus menerus lebih tinggi dari biasanya.

 

Orang dengan hipertensi memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg tiap kali di periksa. Saat itu terjadi, maka jantung Anda bekerja keras untuk memompa darah dan berisiko gangguan tertentu.

 

7-Kenapa penting bergaya hidup sehat, bagi penderita Hipertensi

Hidup sehat penting untuk pencegahan dan pengelolaan tensi. Bagi yang didiagnosis hipertensi, atau jika Anda khawatir karena punya faktor2 risiko untuk penyakit ini, walau tak ada obatnya, Hipertensi dapat dikelola.  Dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda dapat:

 

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mencegah atau menunda perkembangan hipertensi
  • Meningkatkan efektivitas obat tekanan darah
  • Menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal.

 

Mengelola tensi itu komitmen seumur hidup. Berjanjilah mulai hari ini untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai. Dengarkan dokter. (Risky Candra Swari; Bahan dari : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hipertensi-tekanan-darah-tinggi/tips-mengontrol-tekanan-darah/)-FatchurR/490xxx)

 

** Gambar 1 : Klub Buahbatu- Ibu2 berOlahraga Aerobik (Kiriman H. Sulaksono)

*** Gambar 2 : Klub Buahbatu-Kader Bina Sehat mengukur Tensi (Kiriman H. Sulaksono)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code