Kesehatan

Tidur Pakai Kipas Angin Bisa Terkena Paru Paru Basah Mitoskah

(health.detik.com)-JAKARTA; Jika cuaca sedang panas, kipas angin itu penyelamat agar badan tidak kegerahan dan tetap nyaman apalagi jika bersiap tidur. Tapi banyak yang beranggapan tidur dekat kipas angin bikin paru paru basah. Mitos atau fakta ya?

“Mitos. Jadi paru-paru basah itu istilah awam tapi dalam istilah medisnya efusi pleura atau cairan di rongga pleura,” kata spesialis paru konsultan dari RS Persahabatan, dr Sita Andarini, SpP(K), (18/7/2019).

Pleura ini bagian vital dari saluran pernapasan yang bertujuan melindungi paru2 dan mengurangi gesekan yang mungkin timbul antara paru2, tulang tusuk dan rongga dada yang berbentuk selaput. Dikutip dari WebMD, efusi pleura ini jumlah cairan yang tidak biasa di sekitar paru2. Pleura menciptakan terlalu banyak cairan ketika teriritasi, meradang, atau terinfeksi.

“Cairan dalam rongga pleura bisa disebabkan ber-macam2 hal, contohnya orang dengan infeksi TB, pada pasien kanker paru, atau pasien gagal jantung kadang suka sering didapatkan cairan pada rongga pleura dan tidak berhubungan dengan kipas angin,” tambah dr Sita.

Meski tidur di depan kipas angin tidak menyebabkan paru-paru basah, tapi kebiasaan ini tetap harus dikurangi. Boleh saja tidur menggunakan kipas angin asal arahnya jangan langsung ke badan ya. (kna/up;  Khadijah Nur Azizah; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4631854/tidur-pakai-kipas-angin-bisa-kena-paru-paru-basah-dokter-mitos)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close