Wisata dan Kuliner

Ada Mangut Manyung Dan Es Kopi Tak Kie Di Kampoeng Legenda

(gayahidup.republika.co.id)-JAKARTA; Kuliner legendaris nusantara hadir di Mal Ciputra, Grogol, Jakbar. Sebanyak 80 kuliner legendaris nusantara ada di acara Kampoeng Leganda yang digelar 7-18 Agustus 2019.

 

Kampoeng Legenda jadi ajang nostalgia pecinta kuliner dari daerah asalnya. Kampoeng Legenda ini dalam rangka mengisi HUT ke-74 RI. GM Mal Ciputra Jakarta Ferry Irianto mengatakan Indonesia itu surga kuliner tradisional. Sebab, setiap daerah tidak saja memiliki makanan khas, tetapi juga cerita menarik dibalik kelezatan sajiannya.

 

“Kampoeng Legenda kali ini mengetengahkan cita rasa autentik dari 34 provinsi di Indonesia, yang dihadirkan langsung dari daerah asanya,” kata Ferry saat meluncurkan Kampoeng Legenda 2019 di Mal Ciputra, Jakarta Barat, Kamis (8/8).

 

Melalui Kampoeng Legenda, Mal ini bekerja sama dengan JIISSCOM turut mengupayakan pelestarian kuliner bangsa. Tujuannya, agar kuliner legendaris Indonesia tidak punah dan semakin dikenal seluruh masyarakat terutama generasi muda.

 

Ferry mengatakan menghadirkan kuliner legendaris langsung dari daerah asalnya bukan perkara mudah. Sebab, perlu upaya ekstra meyakinkan pelaku bisnis kuliner. Aneka kuliner yang disajikan di Kampoeng Legenda sudah tidak diragukan kualitas kelezatan makanannya secara turun temurun diwariskan ke generasi berikutnya.

 

Dia tekankan Kampoeng Legenda hanya bertujuan melestarikan budaya kuliner legendaris nusantara. “Selama kegiatan berlangsung, pengunjung tidak perlu repot2 pergi ke daerah asal untuk mendapatkan kuliner legendaris. Cukup datang ke Mal Ciputra Jakarta, semua sudah tersedia,” ujar Ferry.

 

Ciri khas dan cerita unik yang melatarbelakangi kelahiran kuliner menjadi sorotan utama pada kegiatan ini. Beberapa kuliner yang dapat dinikmati di Kampoeng Legenda antara lain Sate Padang Betbur Danguang Danguang, Es Durian Iko Gantinyo, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli, Warung Makan Mangut Manyung Bu Fat, dan Gudeg Yu Djum.

 

Bagi penggemar pisang di Kampoeng Legenda juga hadir Pisang Plenet Mbah Toerdi Jalan Pemuda dan pisang Goreng Madu Bu Nani. Ada juga Bebek Sinjay Asli Bangkalan Madura, Kupat Tahu Gempol, Kopi Es Tak Kie, dan masih banyak lagi kuliner legendaris lainnya.

 

(Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih; Bahan dari : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pvyhrr459/ada-mangut-manyung-dan-es-kopi-tak-kie-di-kampoeng-legenda)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close