Iptek dan Lingk. Hidup

Alat Ini Jadi Kursi Untuk Duduk Di Sembarang Tempat Dan Kapan Saja

(m.liputan6.com)-JAKARTA; Bekerja yang mengharuskan berdiri lama jadi salah satu alasan seseorang lelah. Menurut para ahli, berdiri terlalu lama memengaruhi kesehatan jantung dan sakit punggung.

 

Dari American Journal of Epidemiology, peneliti menemukan fakta, orang berdiri lama saat bekerja 2x lebih berisiko mengalami penyakit jantung dibanding yang sering duduk di kursi, dikutip dari Men’s Health.

 

Banyak pekerjaan yang mengharuskan karyawannya berdiri seperti kasir, pelayan rumah makan, teller bank, barista, pegawai pabrik dsb. Peneliti belum bisa memastikan berapa lama yang baik untuk berdiri dan duduk. Kondisi yang baik bagi yang bekerja adalah mengombinasikan duduk di kursi dan berdiri.

 

Karena itu, ada perusahaan menciptakan kursi yang diharapkan mengatasi masalah ini. Dua perusahaan berkolaborasi menciptakan ‘Chairless Chair’ sebagai tempat duduk kapan saja dan di mana saja.

 

Chairless Chair; Kursi Efisien

Dilansir dari Futurism oleh Liputan6.com, (26/7/2019) perusahaan asal Jerman : perusahaan startup Noonee dan perusahaan konsultan desain Swiss, Sapetti, merancang tempat duduk yang berbeda dari biasanya. Mereka membuat sebuah kursi yang disebut Chairless Chair atau Kursi Tanpa Kursi.

 

Kursi itu terbuat dari plastik rekayasa seperti poliamida yang menempel pada kaki melalui serangkaian tali yang otomatis mengunci saat tombol di bagian atas kaki ditekan. Tujuan dibuatnya kursi ini agar para pekerja  dapat beristirahat. Mereka bisa duduk istirahat sambil tetap pada posisi nyaman melanjutkan tugas yang ada.

 

Harapan dari penemu Chairless chair

Sang penemu Chairless Chair, Keith Gunura, mengatakan desainnya itu cukup berbeda dari alat-alat lainnya.  “Chairless Chair adalah pendukung duduk. Ini lebih merupakan alat daripada sekadar kerangka luar.” ungkapnya dikutip dari Futurism.

 

Ia berharap alatnya ini membantu mengurangi kelelahan pekerja. Alat ini dapat meningkatkan efisiensi sambil mengurangi kemungkinan cedera di lokasi kerja.  Dia harap kursi itu bermanfaat bagi pekerja di industri dan di dunia. “Saya ingin meninggalkan sesuatu yang membantu orang atau mengubah dunia dengan cara yang kecil.” kata Gunura.

 

(Loudia Mahartika;  Bahan dari : https://m.liputan6.com/hot/read/4022595/keren-alat-ini-bisa-jadi-kursi-untuk-duduk-di-sembarang-tempat-dan-kapan-saja)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close