Iptek dan Lingk. Hidup

Cabutlah Alat Elektronik Saat Listrik Padam

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Listrik yang padam di beberapa area di Jabodetabek, Banten, sebagian Jabar dan Jateng mengganggu aktivitas warga sehari-hari. Tak dimungkiri terganggunya pasokan listrik juga mengganggu kebiasaan harian warga, khususnya saat bersantai di akhir pekan ini.

Namun demikian, ini bukan alasan Anda untuk tetap memasang alat-alat elektronik. Mengutip berbagai sumber, saat mati lampu Anda sebaiknya cabut  alat-alat elektronik. Tak dimungkiri kalau alat-alat elektronik memang bakal rusak jika pasokan listrik mendadak mati karena pemadaman listrik dan kembali menyala dengan aliran listrik yang super besar dalam satu waktu.

Ketika listrik padam, ada alat2 elektronik yang sebaiknya dicabut/dimatikan. Misal pendingin udara alias AC. Pendingin udara harus dimatikan. Jangan nyalakan beberapa menit setelah listrik menyala kembali.  Cabut listrik dari komputer pc, penghangat air, microvawe, penanak nasi, kompor listrik, pompa air, dan TV. Lonjakan daya listrik tiba2 menyebabkan kegalalan perangkat keras internal yang merusak.

Biarkan lemari es tetap tersambung listrik sekalipun padam. Jika sudah begini, lemari es masih bisa mempertahankan dingin (dalam kondisi tertutup) dan melindungi makanan.  Ada baiknya matikan semua peralatan Anda. Anda mungkin juga harus mematikan peralatan di dapur dan kamar mandi.

Juga matikan lampu ruangan. Hanya nyalakan satu lampu  untuk mengetahui listrik menyala atau belum. Hindari langsung menyalakan peralatan2 elektronik setelah listrik kembali menyala. Sebagian besar perangkat butuh gelombang daya yang cukup tinggi untuk kembali beroperasi dengan normal. Padahal di saat itu, ada kemungkinan listrik masih belum stabil.

Setelah listrik kembali menyala, biarkan peralatan elektronik Anda beberapa saat sampai energi kembali stabil. Menyalakan peralatan listrik langsung setelah usai mati lampu hanya akan membebani infrastruktur listrik lagi. Bisa-bisa, aliran listrik rumah Anda kembali anjlok.

Butuh setidaknya energi listrik dua kali lebih tinggi dari biasanya untuk menyalakan kembali peralatan listrik Anda setelah listrik padam, agar listrik tak anjlok dan alat listrik Anda tak rusak.  (chs; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190804173238-284-418263/alat-elektronik-yang-harus-dicabut-saat-listrik-padam)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close