Aku cinta Indonesia

Cara Cek Nomor IMEI Di Ponsel

(inet.detik.com)-JAKARTA; Situs pengecekan International Mobile Equipment Identity (IMEI) di Kemenperin sudah tersedia kembali. Namun, bagaimana caranya agar kita bisa tahu nomor IMEI Ponsel sebelum cek statusnya di situs Kemenperin?

IMEI itu  nomor identitas unik yang dikeluarkan Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk tiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel. Jika ponsel punya slot SIM Card ganda, maka akan ada dua nomor IMEI dimiliki perangkat itu.

 

Semua nomor IMEI didaftarkan ke Kemenperin saat ponsel hendak dijual di Indonesia. Kini Kemenperin terus mengumpulkan semua data IMEI dari ponsel resmi. Setidaknya ada 3 cara untuk mengetahui nomor IMEI ponsel, khususnya yang berbasis smartphone Android. Langkah2 ini mudah, begini caranya:

1-Setting Ponsel
Pertama-tama buka menu setting di ponsel kalian. Setelah itu, pilih “About Phone”. Nanti di sana akan tertera informasi IMEI smartphone yang kalian miliki.

 

2-Melalui *#06#

Untuk cara ini, buka menu dial yang kemudian dilanjutkan dengan mengetik *#06#. Tak butuh waktu lama, bakal muncul nomor IMEI di layar ponsel.

3-Kardus Ponsel

Selain lewat dua cara di atas, kalian juga bisa menemukan ‘akta kelahiran’ ponsel alias nomor IMEI itu di kardus. Biasanya di sana akan tercantum IMEI beserta informasi lainnya.

 

Bila kalian sudah menemukan nomor IMEI ponsel, bisa langsung kunjungi situs Kemenperin ini. Di sana akan tampak status ponsel kalian, apakah sudah terdaftar atau belum, tentunya itu diketahui setelah kalian memasukkan nomor IMEI-nya.

Saat ini pemerintah melalui tiga kementeriannya, yaitu Kemenperin, Kemendag, dan KemenKomunikasi menggodok aturan IMEI. Regulasi ini diharapkan jadi senjata memerangi peredaran ponsel black market. (agt/agt; Agus Triharyanto; Bahan dari : https://inet.detik.com/law-and-policy/d-4655037/cara-mudah-cek-nomor-imei-di-ponsel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close